Jadi Singa di Kancah Global, Gen Z Harus Out of The Box dan Keluar dari Zona Nyaman

Senin 19-08-2024,10:26 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Anak muda Indonesia didorong untuk mampu bersaing di kancah internasional.

Hal itu disampaikan Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Intekmil dan Siber Mayor Jenderal Tentara Nasional Indonesia (Mayjen TNI) Agustinus Purboyo, dalam sesi seminar kebangsaan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Untar 2024, Jumat (16/8/2024) di Kampus I Untar.

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat telah menghapus batas-batas antarnegara, memaksa untuk berkompetisi secara global.

BACA JUGA:Di Depan Mahasiswa Untar, Kepala BKKBN Bicara soal Kecerdasan dan Skor IQ Masyarakat Indonesia

Generasi muda, khususnya Generasi Z, harus memiliki karakter kuat dan daya saing tinggi dengan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki untuk berkiprah di kancah global.

Dalam paparannya berjudul “Pentingnya Karakter Generasi Z Menuju Indonesia Unggul”, Mayjen TNI Agustinus Purboyo yang juga alumni Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (Prodi DIM) Untar menekankan bahwa globalisasi telah menciptakan dunia tanpa batas, memicu persaingan yang semakin ketat di tingkat internasional.

Menurutnya, generasi muda Indonesia perlu membangun karakter yang kuat dengan rasa cinta tanah air yang mendalam untuk bersaing di kancah global.

BACA JUGA:Paula Tjatoerwidya Anggarina Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen Untar dengan IPK 4 Predikat Cumlaude

“Generasi Z harus mampu beradaptasi dengan cepat dan tetap memegang teguh nilai-nilai kebangsaan. Kalian adalah generasi penerus bangsa yang harus berpikir out of the box dan berani keluar dari zona nyaman,” ungkapnya.

Mayjen TNI Agustinus Purboyo menyoroti tantangan yang timbul akibat globalisasi, terutama dalam hal sosialisasi dan ketergantungan pada teknologi. 

“Globalisasi telah membuat lebih inklusif. Namun di sisi lain, generasi Z cenderung kurang bersosialisasi langsung karena fokus pada gawai. Hal ini perlu diwaspadai agar tidak menghambat potensi besar yang ada dalam diri kalian,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Mayjen TNI Agustinus Purboyo menekankan pentingnya memiliki karakter yang kuat serta bangga sebagai anak Indonesia. Ia menyampaikan bahwa rasa bangga menjadi langkah awal untuk bersaing di tingkat global.

BACA JUGA:Heru Budi Respons Keinginan Warga Kampung Bayam Bangun Argowisata di Huntara

“Tinggalkan zona nyaman, jadilah pemimpin masa depan yang mencintai perbedaan, kuat dan berkarakter. Semoga generasi muda yang belajar di Untar dapat menjadi singa-singa yang dapat membawa Indonesia menjadi singa yang ditakuti di kancah global,” pesannya.

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan menegaskan komitmen Untar untuk mencetak generasi muda yang unggul dengan selalu ingat nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE).

Kategori :