PPPK 2024: Tahapan Seleksi, Durasi Waktu Pengerjaan, Hingga Bobot Nilai

Senin 26-08-2024,09:21 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

Materi Seleksi PPPK 2024 telah disusun dengan cermat untuk mengukur berbagai aspek kepemimpinan dan keterampilan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas pemerintahan.

Berikut adalah rangkuman dari materi seleksi yang akan diujikan pada calon peserta:

1. Materi Kompetensi Teknis:

Materi seleksi kompetensi teknis akan melibatkan pengujian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang spesifik terkait dengan bidang teknis jabatan yang dilamar. Peserta akan diuji kemampuannya dalam menguasai konten teknis yang relevan serta kemampuan praktis untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi kerja.

BACA JUGA:Cek Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK Kemenkes 2024, Kapan Dibuka?

2. Materi Kompetensi Manajerial:

Seleksi kompetensi manajerial akan menguji kemampuan peserta dalam memimpin dan mengelola suatu organisasi. Materi ujian akan meliputi aspek integritas, kerja sama, komunikasi efektif, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, kemampuan mengelola perubahan, dan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

3. Materi Kompetensi Sosial Kultural:

Seleksi kompetensi sosial kultural akan menilai bagaimana peserta mampu berinteraksi dengan masyarakat yang beragam dalam hal agama, suku, budaya, dan nilai-nilai. Peserta akan diuji dalam kepekaan terhadap keberagaman, kemampuan berhubungan sosial, pemahaman akan pentingnya persatuan, dan tingkat empati yang dimiliki.

BACA JUGA:Disetujui Kemenpan RB, Kemenkes Buka Lowongan 23.200 CPNS & PPPK di 2024

4. Materi Wawancara:

Tahap wawancara akan digunakan untuk menggali informasi nonkognitif yang berkaitan dengan integritas dan moralitas calon peserta. Calon akan dinilai berdasarkan kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan yang dimiliki dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Kategori :