Banyak Mall Terus Tumbuh, Menko Airlangga Ungkap Potensinya untuk Perekonomian Indonesia

Minggu 01-09-2024,14:46 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global Indonesia masih terus berupaya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dalam negeri. 

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pangsa retail dalam negeri.

BACA JUGA:BPH Migas Ungkap Peran Gas Bumi di Era Transisi Energi, Tingkatkan Perekonomian Indonesia

BACA JUGA:Penyebab General Motors PHK Lebih 1.000 Karyawan, Bukti Perekonomian Global Hancur Lebur?

Menurut keterangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mall mall di Indonesia khususnya di Jakarta telah berhasil membawa pertumbuhan ekonomi sebesar 12%. Menurutnya, hal ini merupakan hal yang patut untuk dibanggakan.

"Kita harus tepuk tangan untuk para peretail. Hal itu didukung oleh pendapatan per kapita di Jakarta yang sudah di atas USD20 ribu. Jadi, berapa banyak toko retail yang sudah dibuka di suatu daerah dapat mencerminkan berapa pendapatan per kapita dari daerah itu," ujar Menko Airlangga dalam keterangan tertulis resminya pada Sabtu 31 Agustus 2024.

BACA JUGA:Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet, Seberapa Besar Dampaknya ke Perekonomian?

BACA JUGA:Heboh 26.415 Kontainer Dilepas, Menko Perekonomian Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Karena hal inilah, Pemerintah juga mendorong pelaku usaha pusat perbelanjaan untuk bermitra dengan pelaku UMKM. 

Melalui kemitraan dan kolaborasi ini tentunya akan menciptakan peluang pasar bagi produk UMKM, membuka lapangan usaha baru, menyerap tenaga kerja, serta mewujudkan iklim usaha yang sehat.

"Produk dan positioning itu penting untuk retail. Harus ada keberpihakan alokasi untuk para UMKM ini di berbagai pusat perbelanjaan. Untuk jumlah toko retail memang terus berkembang dan berjalan baik. Tapi kita ingin bukan cuma di Jakarta saja, tapi juga seluruh Indonesia," jelas Menko Airlangga.

BACA JUGA:Pemerintah Bakal Dorong Digitalisasi dan AI Guna Ciptakan Perekonomian yang Kuat

BACA JUGA:Cek Syarat Daftar Lowongan Kerja di Kemenko Perekonomian untuk Non PNS, Gaji UMR Jakarta!

Sementara itu, pelaku usaha retail juga diharapkan aktif berinovasi menciptakan konsep baru dalam pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup konsumen. 

Inovasi ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti penggunaan teknologi pembayaran yang canggih untuk meningkatkan pengalaman belanja, hingga penawaran produk dan layanan yang eksklusif dan sesuai tren terkini.

Kategori :