Kemendikbudristek Gelar Pentas Musik dan Lagu Anak, Berikut Pemenang KILA 2024

Jumat 06-09-2024,11:32 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) kembali menggelar Pentas Musik Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2024.

Pentas musik dan lagu anak ini digelar Jumat, 6 September 2024.

Ini sebagai bukti kepedulian dan komitmen pemerintah dalam membentuk ekosistem musik Indonesia sekaligus upaya memperkenalkan lagu anak lebih luas lagi.

BACA JUGA:Minta Tambah Anggaran Pendidikan 2025 Rp 26,4 Triliun, Kemendikbudristek: Buat Tunjangan Guru Non PNS

Melalui even itu, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayan, Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengajak masyarakat meningkatkan kualitas lagu dan musik anak demi mewujudkan sistem pendidikan yang aman, nyaman, maupun beretika.

Kali ini, KILA 2024 berlangsung di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbudristek Jakarta dengan kegiatan pementasan lagu anak bertajuk Simfoni Sahabat Nusantara.

Selain itu, ditampilkan juga lagu-lagu anak karya pemenang lomba cipta lagu tahun 2024 dan aransemen tahun 2024 yang dinyanyikan para duta KILA.

Lagu-lagu yang diperkenalkan tersebut mengandung pesan tentang kerukunan, hubungan pertemanan, rasa syukur, toleransi dan penghormatan kepada orang tua, serta keindahan alam Indonesia.

Tak ayal, Mahendra menilai bahwa festival ini turut melahirkan talenta musisi anak-anak di Indonesia dengan karya seni musik yang kaya akan budaya dan kearifan lokal.

“KILA menjadi wadah serta sarana mendekatkan para anak-anak dengan kekayaan musik dan lagu tradisi. KILA menstimulus terciptanya dan aransemen lagu anak yang berasal dari kearifan lokal,” ujar Mahendra di Jakarta, 5 September 2024.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Diminta Berdayakan Lulusan OSN, Talenta Muda untuk Bangun Masa Depan Indonesia Emas 2045

Sehingga, ajang ini menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat terhadap lagu anak-anak yang menghibur dan memiliki nilai edukatif, untuk membentuk karakter baik pada anak.

Berikut daftar keenam pemenang lomba menyanyi KILA 2024:

- Emilia Bening Nirwasita

- Gendhis Nauli Gritalea Utama

Kategori :