Kereta Cepat Whoosh Layani 10 Ribu Penumpang Disabilitas Selama 2024, Berikut Fasiltas yang Disediakan

Minggu 29-09-2024,22:53 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- KCIC mencatat bahwasanya selama tahun 2024 ini telah melayani lebih dari 10.000 penumpang penyandang disabilitas.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan data tersebut tercatat melalui permintaan khusus dari penumpang untuk membantu memudahkan aktivitasnya dan laporan resmi petugas pada evaluasi harian KCIC.

BACA JUGA:Gagal Berangkat Imbas Gempa Bandung, Penumpang Whoosh Bisa Refund Tiket 100%

BACA JUGA:Kereta Cepat Whoosh Kembali Beroperasi Normal Pasca Gempa Mulai Hari Ini

KCIC kata Eva, memprioritaskan penumpang yang membutuhkan penanganan khusus seperti penyandang disabilitas, lansia, anak-anak tanpa pendamping, ibu hamil dan menyusui hingga orang yang bepergian dalam kondisi sakit, akan dibantu agar dapat menggunakan layanan Whoosh dengan nyaman.

“KCIC ingin memastikan bahwa setiap penumpang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, bisa merasakan kenyamanan dan keamanan saat menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh,” ujar Eva dikutip Minggu 29 September 2024.

Pada 2024, Stasiun Halim menjadi stasiun yang paling banyak melayani penumpang berkebutuhan khusus yaitu sebanyak 4.600 ribu penumpang, selanjutnya diikuti Stasiun Padalarang sekitar 3.200 penumpang dan Tegalluar 2.200 penumpang berkebutuhan khusus.

BACA JUGA:Dampak Gempa 5.0 Magnitudo di Bandung, 196 Rumah Rusak hingga Perjalanan KA dan Whoosh Dibatalkan

BACA JUGA:Sebanyak 14 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Dibatalkan Imbas Gempa Garut-Bandung Raya, Penumpang Boleh Refund Tiket

Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan transportasi yang nyaman untuk kebutuhan masyarakat beraktifitas, KCIC telah menerapkan berbagai inovasi yang mendukung aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di seluruh stasiun dan kereta Whoosh.

Di stasiun fasilitas khusus yang disediakan meliputi ruang jemput khusus, lantai tactile, tombol braille, lift, loket dan toilet khusus disabilitas, informasi audio visual, ramp kursi roda, gate khusus, dan kursi tunggu prioritas.

Sementara di kereta terdapat juga sejumlah fasilitas ramah disabilitas seperti Toilet Khusus Disabilitas dengan luasan yang memudahkan penumpang dengan kursi roda melakukan pergerakan hingga 180 derajat. 

Lainnya terdapat juga 32 Kursi Prioritas dengan lokasi strategis, Rak Penyimpanan Kursi Roda, Informasi Audio Visual dan Ramp untuk kursi roda.

BACA JUGA:Imbas Gempa Bumi di Bandung Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Dibatalkan, Cek Daftarnya di Sini

BACA JUGA:KCIC Catat Lonjakan Penumpang Whoosh Libur Maulid Nabi

Kategori :