Hari Disabilitas Internasional, Ini Inovasi yang Telah Dilakukan KAI
Hari Disabilitas Internasional, Ini Inovasi yang Telah Dilakukan KAI-KAI-
JAKARTA, DISWAY.ID-- Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember ini, KAI terus berupaya meningkatkan komitmen untuk memberikan layanan inklusif bagi seluruh pelanggan, termasuk penyandang Disabilitas.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyebut bahwasanya berbagai langkah strategis telah dilakukan untuk memastikan bahwa perjalanan dengan kereta api menjadi semakin ramah, aman, dan nyaman bagi semua kalangan.
BACA JUGA:Pengakuan Korban Agus Disabilitas Diungkap Pendamping, 7 Korban Telah Teridentifikasi
"Salah satu wujud nyata dari komitmen ini adalah pelaksanaan Diklat Pelayanan Disabilitas, yang melibatkan para frontliner KAI, seperti kondektur, prama/prami, customer service, petugas loket, petugas boarding, hingga personel keamanan stasiun," kata Anne.
Pelatihan ini lanjut Anne bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melayani pelanggan penyandang disabilitas dengan cara yang tepat, penuh empati, dan sesuai dengan prinsip inklusivitas.
KAI kata Anne memastikan bahwa seluruh stasiun ramah bagi penyandang disabilitas dengan menyediakan berbagai fasilitas inklusif.
BACA JUGA:Kampanye #SetaraBerkarya Ramaikan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2024 di Kemensos
BACA JUGA:Korban Agus Disabilitas Tak Hanya Satu, Beri Kesaksian Dapat Perlakukan yang Sama
Stasiun dilengkapi ramp dengan kemiringan sesuai standar untuk memudahkan pengguna kursi roda, kursi prioritas di ruang tunggu, serta travelator dan lift khusus di beberapa lokasi.
Untuk kenyamanan lebih, tersedia loket khusus dengan ketinggian yang sesuai, toilet disabilitas yang luas dan dilengkapi pegangan tambahan, serta jalur khusus dengan guiding block untuk tunanetra.
Selain itu, musala di stasiun menyediakan kursi lipat bagi pelanggan berkebutuhan khusus, memastikan akses mudah dan nyaman selama berada di stasiun.
“Tidak hanya di Stasiun, KAI juga menghadirkan fasilitas ramah disabilitas di dalam kereta untuk memastikan kenyamanan selama perjalanan.
"Setiap kereta Commuter Line dilengkapi dengan kursi prioritas yang ditandai dengan stiker khusus, memberikan tempat duduk yang lebih mudah diakses bagi penyandang disabilitas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: