Di mana, salah satu permasalahan utama itu ialah adanya perbedaan kemampuan yang signifikan di antara murid-murid.
Beberapa murid sangat cepat memahami materi, tetapi ada pula yang memerlukan waktu lebih lama dan pendampingan lebih intensif.
Selain itu, ada juga murid yang cenderung pasif dan enggan untuk berbicara atau kurang berpartisipasi dalam diskusi kelas Hal ini membuat saya kesulitan untuk menggali ide dan pendapat mereka.
BACA JUGA:Jadwal Lengkap PPG Guru Tertentu 2024, Pelatihan Mandiri PMM Dimulai Besok!
2. Bagaimana upaya Anda untuk menyelesaikannya?
Dari masalah tersebut, berikut upaya atau solusi untuk mengatasinya, sebagai berikut:
- Identifikasi Kebutuhan Murid
Di sini, saya melakukan sebuah asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan dan kebutuhan dari setiap murid.
Hal ini juga membantu saya dalam memahami siapa saja yang memerlukan pendampingan lebih intensif dan siapa yang dapat diberikan tantangan tambahan.
- Pendampingan Individu
Saya mencoba untuk memberikan pendampingan individu kepada murid yang cenderung pasif serta enggan berbicara.
Yakni, dengan cara menggunakan pertanyaan pemantik untuk bisa membantu mereka menyusun cerita atau pendapat yang akan disampaikan.
Misalnya, saya bertanya tentang pengalaman menarik yang pemah mereka alami dan bagaimana perasaan mereka saat itu.
- Diferensiasi Konten dan Proses
Saya mencoba membagi murid menjadi beberapa kelompok yang berdasarkan tingkat pemahaman mereka.
Lalu, murid yang memerlukan bimbingan akan diberikan materi dasar dan pendampingan lebih intensif.
Sedangkan, bagi murid yang cukup mampu akan diberikan tugas mandiri yang lebih menantang.
Murid yang sudah mampu lalu juga diberikan tugas tambahan seperti membuat gambar terkait dengan pengalaman menarik tentang pembelajaran pada hari tersebut.
- Penggunaan Media Pembelajaran