Penelitian Jelaskan Dampak Minum Kopi pada Hipertensi dan Tekanan Darah, Ini Batasannya

Rabu 16-10-2024,12:01 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Pencinta kopi tentu terkadang khawatir apakah ada dampaknya pada tekanan darah tinggi atau tidak. 

Peneliti melaporkan bahwa mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular termasuk hipertensi. Benarkah?

Dilansir dari Healthline, peneliti mengatakan kafein yang berlebihan dari kopi, teh, minuman berenergi, dan minuman lainnya dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang berdampak pada risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:KPU Tangerang Sebut Data Survei KedaiKOPI Belum Teregistrasi

Para ahli mencatat ada beberapa manfaat mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang, tetapi kebanyakan orang tetap harus memantau asupan kafein harian mereka secara keseluruhan.

Batasan Konsumsi Kopi

Dalam sebuah studi terbaru, peneliti mengatakan orang yang mengonsumsi 400 miligram (mg) atau lebih kafein per hari dalam jangka waktu lama memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Penelitian tersebut dipresentasikan pada tanggal 15 Agustus di konferensi ACC Asia 2024 di New Delhi, India, yang diselenggarakan oleh American College of Cardiology. Temuan tersebut belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review. 

"Konsumsi kafein secara teratur dapat mengganggu sistem parasimpatik, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung," kata penulis utama studi Nency Kagathara dari Departemen Penyakit Dalam di Zydus Medical College and Hospital di India, dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:Ultah ke-36, Jessica Wongso Berdoa PK Kasus Kopi Sianida Dikabulkan MA

"Studi kami berupaya menentukan dampak konsumsi kafein kronis terhadap kesehatan jantung, khususnya pemulihan detak jantung dan tekanan darah,” tambahnya. 

Konsumsi kafein berlebihan secara kronis meningkatkan risiko penyakit jantung

Untuk studi mereka, para peneliti mengevaluasi 92 orang berusia antara 18 dan 45 tahun yang tidak mengalami peningkatan tekanan darah.

BACA JUGA:Minum Kopi Tiap Hari Kurangi Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung, Ini Batasannya

Konsumsi kafein secara teratur didefinisikan sebagai asupan minuman berkafein 5 hari per minggu selama lebih dari setahun. Minuman berkafein difokuskan pada kopi dan teh serta minuman berkarbonasi.

Para peneliti melaporkan bahwa 400 mg kafein kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng soda, atau dua minuman berenergi.

Kategori :