Resmi Diangkat jadi Menko Bidang Pangan, Zulhas Ungkap Strategi Swasembada Lima Tahun Ke-Depan

Senin 21-10-2024,16:29 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Usai resmi mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan RI untuk menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan buka suara mengenai keberlanjutan situasi pangan di Indonesia.

Dalam keterangannya, Menteri yang akrab disapa Zulhas ini menyampaikan bahwa Presiden Prabowo Subianto sudah menetapkan target Indonesia ber-swasembada dalam 5 tahun ke depan. Salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan memanfaatkan lahan di luar Pulau Jawa.

BACA JUGA:Zulhas Ungkap Alasannya Pilih Budi Santoso jadi Mendag Baru

BACA JUGA:Zulhas Serahkan Kursi Menteri Perdagangan Kepada Budi Santoso

Karena hal inilah, Zulhas juga menambahkan bahwa Badan Usaha Bidang Pangan yang ada di Indonesia beserta instansi-instansi Pangan lainnya juga akan turut bekerja sama untuk mencapai target yang sudah ditetapkan tersebut.

“Jadi pangan itu ya tentu pertanian, bulog, bapanas, karantina, kelautan, kehutanan, lingkungan, terus kebadan usaha bidang pangan, dan instansi lain yang terkait. Tapi jelas tugasnya itu kita lima tahun harus swasembada-nya,” ujar Zulhas saat ditemui oleh Disway, Senin 21 Oktober 2024.

Melanjutkan, Zulhas menambahkan bahwa kelanjutan dari kerja sama ini juga tengah didiskusikan.

BACA JUGA:Wow, Zulhas Kasih Kado Uang Segepok untuk Sang Cucu: Flexing?

BACA JUGA:Hadiri HUT ke-56 Kadin, Mendag Zulhas Sebut Ekonomi Indonesia Baik-Baik Saja

“Ya koordinasinya, sedang dipersiapkan. Instansi-nya nanti ya instansi terkait (instansi pangan). Kita lihat nanti ya,” pungkas Zulhas.

Kendati begitu, Zulhas memilih untuk tutup mulut ketika ditanyai oleh Disway dan awak media mengenai pendapatnya terkait permasalahan pangan yang sedang terjadi di Indonesia.

“Pokoknya lima tahun Insya Allah swasembada,” tutup Zulhas.

Kategori :