JAKARTA, DISWAY.ID - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan prima selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.
Diprediksikan, lebih dari 3 juta orang penumpang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry khususnya di 13 lintasan pantauan nasional, yang dikelola oleh 14 Cabang di seluruh Indonesia.
Direktur Utama ASDP, Heru Widodo menyampaikan langkah-langkah strategis yang telah disiapkan perusahaan untuk menghadapi lonjakan penumpang dan kendaraan, termasuk menghadapi tantangan cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga awal tahun mendatang.
BACA JUGA:ASDP Berperan Aktif dalam Kesiapan Layanan dan Fasilitas Penyeberangan Jelang Libur Nataru
BACA JUGA:ASDP Dukung Simulasi Kesiapan Nataru: Pastikan Kelancaran Layanan Penyeberangan Merak-Bakauheni
ASDP memproyeksikan peningkatan signifikan pada periode Nataru tahun ini, dengan total penumpang mencapai 3,07 juta orang atau naik 4,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Sementara itu, kendaraan diperkirakan mencapai 769.258 unit, meningkat 7,1 persen. Untuk mendukung ini, ASDP telah menyiapkan 14.975 trip kapal, naik 14,3 persen dari tahun lalu.
Pihak ASDP mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal, memanfaatkan layanan digital dan mematuhi jadwal keberangkatan yang telah ditentukan.-ASDP Indonesia Ferry-
Menurut Heru, pentingnya kesiapan layanan dan operasional menyeluruh untuk memastikan angkutan penyeberangan berjalan lancar.
“Kami telah melakukan langkah mitigasi untuk menghadapi lonjakan ini, baik dari sisi armada maupun fasilitas di pelabuhan. Selain itu, kami juga terus memantau kondisi cuaca melalui koordinasi dengan BMKG untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan,” ujar Heru.
Ia mengungkapkan bahwa manajemen telah memastikan seluruh armada kapal dalam kondisi prima melalui pemeriksaan rutin.
BACA JUGA:Gandeng ASDP, BI Perkuat Distribusi Uang Rupiah hingga ke Pelosok Negeri
BACA JUGA:BPH Migas Siap Menerapkan BBM Rendah Sulfur untuk Kapal ASDP
Di pelabuhan, berbagai fasilitas ditingkatkan, seperti perluasan area parkir, penambahan loket informasi, dan peningkatan fasilitas umum.
Demi mendukung kelancaran operasional, ASDP juga memperkuat sistem e-ticketing Ferizy dengan peningkatan kapasitas server untuk mengantisipasi lonjakan pembelian tiket online.
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengingatkan pengguna jasa untuk memanfaatkan aplikasi Ferizy dan membeli tiket lebih awal.