Asyik! Naik Transjakarta Kini Bisa Bayar dengan Blu, Naik Transportasi Umum Makin Seamless

Rabu 16-07-2025,16:30 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Blu by BCA Digital menjalin kerja sama strategis dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk memberikan kemudahan bagi pengguna transportasi umum.

Kemitraan strategis Transjakarta bersama Blu by BCA Digital dilakukan untuk memperkuat transformasi digital layanan.

BACA JUGA:Gandeng BAZNAS, Bayar Zakat dan Sedakah Kini Bisa Lewat blu by BCA Digital!

BACA JUGA:Momen Ramadan, blu by BCA Digital Ajak Masyarakat Bijak Atur Keuangan

Kini, tiap penumpang Transjakarta bisa menggunakan transportasi massal terintegrasi dengan metode pembayaran Blu dari aplikasi Transjakarta. 

Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset Transjakarta Fadly Hasan mengatakan, pada era digital ini, digitalisasi layanan publik bukan lagi pilihan, melainkan suatu keharusan bagi Transjakarta.

Atas insiatif ini, lanjutnya, Transjakarta berupaya terus beradaptasi dan melakukan perbaikan demi kemudahan pelanggan.

"Semoga kemitraan ini secara khusus menjadi contoh nyata penguatan pilar strategis partnership di Transjakarta. Dengan bangga saya sampaikan bahwa integrasi Blu ke dalam aplikasi TJ Transjakarta merupakan langkah konkret dan sangat strategis menuju transportasi publik yang lebih modern," ujarnya dalam acara kerja sama Blu by BCA Digital dengan Transjakarta di Halte Tosari Jakarta, Rabu, 16 Juli 2025. 

Dengan begitu, pengguna Transjakarta untuk melakukan pembayaran tiket menggunakan melalui Blu. Hal jni menandai komitmen Transjakarta dalam modernisasi sistem pembayaran transportasi publik. Fadly menambahkan, pembelian tiket Transjakarta bisa menggunakan Blu by BCA Digital mulai Juni 2025.

Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati menyoroti kemitraan dengan Transjakarta ini sangat relevan dengan kebutuhan nasabah Blu, yang mayoritas adalah generasi muda.

Sasar Gen Z

Lany menjelaskan, sekitar 90 persen dari hampir 3 juta nasabah Blu adalah Gen Z dan Milenial, dan sebagian besar berdomisili di Jakarta.

"Kami punya hampir 3 juta nasabah dan hampir 90 persennya adalah Gen Z dan milenial. Banyak yang berdomisili di Jakarta. Kemitraan ini menjawab kebutuhan mereka, solusi juga jadi relevan dan memudahkan aktivitas mereka sehari-hari," kata Lanny.

BACA JUGA:Dua Ikon Jakarta Bersatu, Transjakarta Resmi Jadi Sponsor Persija di Super League 2025/2026

Bagi segmen nasabah ini, kemudahan dalam bertransaksi sehari-hari merupakan prioritas utama. Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang relevan dan mempermudah aktivitas mobilitas mereka.

Inovasi Transjakarta 

Untuk diketahui, Transjakarta telah mengembangkan sistem pembayaran digital melalui aplikasi TJ Pay. TJ Pay dirancang untuk mempermudah transaksi tiket dan memberikan pengalaman yang lebih mulus bagi pengguna.

Kategori :