Lomba Digitalisasi Pasar 2025, Dorong Percepatan Transaksi Digital

Rabu 13-08-2025,11:22 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Subroto Dwi Nugroho

BACA JUGA:Gulkarmat Resmi Buka Lowongan 1.000 Petugas Damkar, Cek Syaratnya di Sini

“Mereka tidak perlu lagi repot menyediakan uang kembalian dan bisa merasa tenang karena dana langsung masuk ke rekening. Harapannya, pedagang lebih percaya transaksi non-tunai,” ujar Lusiana.

Sementara itu, Kepala OJK Jabodebek, Edwin Nurhadi, menyampaikan Lomba Digitalisasi Pasar menjadi upaya mendorong pedagang pasar tergabung dalam ekosistem perbankan dan digitalisasi keuangan.

"Ada tiga hal yang dinilai dalam lomba ini. Pertama, dari sisi program keuangan yang terbaik dan termasif. Kedua, dari sisi akses keuangan, yaitu pemberian kredit, pembukaan rekening, dan keaktifan agen laku pandai. Ketiga, kami ingin melihat implementasi digitalisasi keuangan di pasar secara menyeluruh. Tiga hal itulah yang akan menjadi fokus penilaian kami,” pungkas Edwin.

Lomba Digitalisasi Pasar dapat sambutan baik dari Bank Jakarta.

Aktivitas ini dinilai dapat mendorong percepatan transformasi digital, khususnya dalam sistem pembayaran di seluruh pasar di bawah Perumda Pasar Jaya.

BACA JUGA:Pramono Berkunjung ke Malaysia, Resmikan Kuala Lumpur Menjadi Sister City Jakarta

BACA JUGA:Roy Suryo Dkk Absen Pemeriksaan Jelang 17 Agustus, Tekan Eksekusi Putusan MA Silfester Matutina

Sekretaris Perusahaan Bank Jakarta, Arie Rinaldi menyampaikan, Bank Jakarta menyiapkan sejumlah strategi dalam mendukung lomba ini, yakni:

1. Strategi program bisnis dengan melakukan integrasi layanan digital, melakukan pendampingan berkelanjutan, serta pemanfaatan data untuk kebutuhan promosi produk dan layanan Bank Jakarta.

2. Strategi pemasaran, dengan pendekatan komunitas melibatkan pengurus pasar, koperasi pedagang, dan tokoh lokal serta melaksanakan event activation.

3. Strategi komunikasi dengan menyampaikan pesan utama bahwa Bank Jakarta Sahabat Pedagang, Sahabat Pasar. Transaksi lebih praktis dengan JakOne Mobile.

"Bank Jakarta turut memanfaatkan channel komunikasi baik melalui offline maupun online, dengan pendekatan story telling yang lebih menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat," kata Arie kepada Disway.id.

BACA JUGA:Pemprov DKI Gelar Pemilihan Pengemudi Teladan 2025, Pemenang Dapat Tabanas Rp3,5 Juta

BACA JUGA:Genjot Pengunjung, Pemprov DKI Bakal Revitalisasi Museum Bahari

Bank Jakarta juga merancang strategi khusus di setiap pasar yang menjadi lokasi lomba agar capaian digitalisasi optimal dan mampu memenuhi indikator penilaian dari penyelenggara.

Kategori :