Muhammadiyah DKI Dukung Transformasi Perseroda PAM JAYA: Layanan Publik Jadi Prioritas!

Selasa 07-10-2025,20:37 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Muhammadiyah DKI Jakarta mendukung rencana perubahan transformasi PAM JAYA dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) menjadi Perseroan Daerah (Perseroda).

Muhammadiyah DKI Jakarta menilai bahwa langkah tersebut menjadi strategi untuk memperkuat layanan sekaligus menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan air perpipaan dalam mengedepankan kepentingan publik. 

BACA JUGA:Sekolah Garuda, Visi Besar Presiden Lahirkan Talenta Unggul di Bidang Sains dan Teknologi

BACA JUGA:Viral Video Skandal 3 Detik, Polres Lubuk Linggau Langsung Patsus Brigadir AN

Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PW. Muhammadiyah DKI Jakarta, Ristan Alfino, menilai perubahan ini menjadi strategi yang tepat untuk memperkuat kapasitas perusahaan sekaligus memastikan layanan publik tetap menjadi prioritas utama.

Dari aspek kelembagaan, status Perseroda akan membuat PAM JAYA lebih mandiri dalam mengembangkan infrastruktur sehingga pelayanan dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dan maksimal di berbagai wilayah Jakarta.

“Perubahan ini tidak akan mengurangi tugas PAM JAYA untuk melayani kita warga Jakarta. Justru sebaliknya, dengan status Perseroda, PAM JAYA harus bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan kinerja dan menghadirkan pelayanan yang lebih baik,” tegas Ristan dalam keterangannya pada Selasa, 7 Oktober 2025.

BACA JUGA:KPK Temukan Kuota Haji untuk Petugas Kesehatan Dijual-Belikan ke Calon Jamaah

Ristan juga menjelaskan bahwa perubahan status ini bukan berarti PAM JAYA akan kehilangan jati dirinya sebagai penyedia layanan publik.

Menurutnya, justru dengan fleksibilitas yang lebih besar, PAM JAYA dapat menghadirkan berbagai terobosan yang pada akhirnya kembali kepada kepentingan warga Jakarta. 

“Perubahan ini membuat PAM JAYA harus tumbuh lebih sehat secara kelembagaan dan finansial. Namun ujungnya tetap harus mengedepankan pelayanan publik, air minum perpipaan harus bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan kualitas yang sama bagusnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya bagi PAM JAYA untuk menjaga kepercayaan publik melalui transparansi dan komunikasi.

BACA JUGA:PAM JAYA Gelar Bazar Gratis, 2.000 Paket Sembako Disebar ke Warga Ancol

BACA JUGA:Muhammadiyah DKI: Transformasi PAM Jaya Jadi Perseroda Momentum Tingkatkan Layanan Publik

Dengan begitu, masyarakat dapat melihat langsung bahwa perubahan kelembagaan ini memang untuk memperkuat pelayanan ke warga Jakarta.

Kategori :