Waspada Banjir Susulan, 774 Rumah Warga Tangsel Terendam

Waspada Banjir Susulan, 774 Rumah Warga Tangsel Terendam

BPBD Tangsel berupaya mengevakuasi warga yang terdampak banjir yang terjadi kemarin Sabtu 30 April 2022. -BPBD Tangsel/BNPB-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan intensitas hujan yang tinggi beberapa hari ke depan.   

Ini setelah banjir merendam sejumlah rumah warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pukul 14.00 waktu, Sabtu 30 April 2022.  

BPBD Tangsel mencatat sebanyak 774 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian berkisar 60 hingga 100 cm.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Puluhan Rumah di Cilegon Terendam Banjir 

Informasi BPBD setempat menyebutkan banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang. Beberapa pohon tampak tumbang akibat kuatnya angin kencang tersebut. 

Beberapa wilayah terdampak banjir teridentifikasi berada di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Ciputat (Kelurahan Serua), Kecamatan Pondok Aren (Pondok Kacang Timur), Kecamatan Setu (Bakti Jaya) dan Kecamatan Ciputat Timur (Rempoa).

Banjir tidak mengakibatkan terjadinya korban jiwa, luka-luka atau pun pengungsian. Pantauan pada malam ini, sekitar pukul 19.44 WIB, genangan banjir masih berlangsung di wilayah terdampak.

BACA JUGA:Giliran Bontang Diterjang Banjir, 8 Kelurahan Minta Bantuan

Berdasarkan analisis inaRISK, Kota Tangerang Selatan memiliki beberapa kecamatan dengan potensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi.

Ketujuh kecamatan yang teridentifikasi yaitu Kecamatan Setu, Serpong, Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur, Serpong Utara dan Pondok Aren.

Wilayah yang terdampak banjir merupakan kecamatan teridentifikasi dengan potensi bahaya tersebut.

BACA JUGA:Sungai Meluap, 289 Rumah Warga Cirebon Terendam Banjir 

Menyikapi bencana ini, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada terhadap banjir susulan. Hari ini Minggu 1 Mei wilayah terdampak masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

”Warga diharapkan siap siaga apabila banjir kembali terjadi di kawasan terdampak,” terang Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangan yang diterima Disway.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb