Presiden Jokowi Perbolehkan Bikers Mudik, Tapi Ketahui Dulu Syarat-syaratnya!

Presiden Jokowi Perbolehkan Bikers Mudik, Tapi Ketahui Dulu Syarat-syaratnya!

Pemudik sepeda motor penuhi jalur Pantura--Ntmcpolri

JAKARTA, DISWAY.ID -- Bagi para bikers yang notabene perantau ulung, dengan diperbolehkannya kembali musim mudik lebaran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengimbau beberapa syarat. Apa saja?

Kabar ini menjadi topik hangat setelah Presiden Jokowi memberi pernyataan resmi, Rabu (23/3/2022), bahwa mudik lebaran tahun ini diperbolehkan.

Pasalnya, dua tahun dilanda pandemi COVID-19, pemudik yang setiap kali didominasi para pengendara motor, akhirnya diperbolehkan kembali.

Selama pagelaran MotoGP Indonesia 2022 kemarin, mayoritas masyarakat Indonesia mengkhawatirkan bahwa lebaran atau perayaan Idul Fitri tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi, akan dilakukan pengetatan PPKM.

BACA JUGA:Indonesia Punya Kekuatan Jadi Juru Runding Meski Rusia Belum Mau Damai

Tahun lalu, para pemudik yang mayoritas pengguna motor tetap memaksa pulang ke kampung halaman meski terdapat pelarangan dari pemerintah.

Pastinya dua tahun ke belakangan jadi pengalaman pahit bagi para pemudik karena tak bisa pulang ke kampung halaman dengan leluasa.

Jokowi menyampaikan, seiring penurunan kasus COVID-19 secara harian, ia menyatakan bahwa lebaran tahun ini diperbolehkan mudik.

Selain mudik, Jokowi juga membolehkan jemaah atau umat muslim agar bisa salat tarawih di masjid.

BACA JUGA:Ngeri! Pulau Sao Jorge Diguncang Gempa Ribuan Kali, Penduduk Telah Dievakuai Antisipasi Letusan Gunung Api

Namun, pelonggaran tersebut tak serta bebas begitu saja. Jokowi tetap memberi syarat bagi pemudik, yakni vaksin lengkap dua kali dan sekali booster.

"Situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang datangnya bulan suci Ramadhan," ujar Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/3/2022).

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya.

Selain mengimbau agar tetap patuh menerapkan protokol kesehatan, ia juga menyampaikan agar selalu disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: