2 Rudal Rusia Hantam Pesawat Tempur dan Kapal Perang Ukraina, 60 Orang Tewas

2 Rudal Rusia Hantam Pesawat Tempur dan Kapal Perang Ukraina, 60 Orang Tewas

Evakuasi warga Ukraina terus dilakukan setelah serangan kian gencar dilakukan Rusia, Minggu 8 Mei 2022.-Twitter/@olex_scherba-Disway.id

Upaya evakuasi sekarang akan fokus untuk mengeluarkan yang terluka dan petugas medis dari pabrik baja. Pejuang Ukraina di pabrik telah bersumpah untuk tidak menyerah dan pasukan Rusia. 

Pabrik baja Azovstal era Soviet, merupakan benteng terakhir bagi pasukan Ukraina di kota pelabuhan utama. Wailayah itu telah menjadi simbol perlawanan terhadap upaya Rusia untuk merebut petak-petak Ukraina timur dan selatan.

Dalam pidato yang penuh emosional Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa kejahatan telah kembali ke Ukraina dengan invasi Rusia, tetapi negaranya akan menang.

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin G7 lainnya akan mengadakan panggilan video dengan Zelensky pada hari Minggu dalam sebuah pertunjukan persatuan menjelang Hari Kemenangan, di mana Presiden Vladimir Putin biasanya memeriksa parade militer besar-besaran di Moskow.

”Serangan brutal Putin tidak hanya menyebabkan kehancuran yang tak terhitung di Ukraina. Ini mengancam perdamaian dan keamanan di seluruh Eropa,” kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu menjanjikan lebih banyak bantuan militer.

Inggris berjanji untuk menyediakan 1,3 miliar pound lebih lanjut ( S $ 2,2 miliar), dua kali lipat komitmen pengeluaran sebelumnya dan apa yang dikatakannya adalah tingkat pengeluaran tertinggi negara itu untuk konflik sejak perang di Irak dan Afghanistan.

Pidato Putin

Upaya Rusia telah terganggu oleh masalah logistik dan peralatan dan korban yang tinggi dalam menghadapi perlawanan sengit terhadap Ukraina.

Direktur Badan Intelijen Pusat AS William Burns mengatakan Putin yakin menggandakan konflik akan meningkatkan hasil bagi Rusia.

”Dia berada dalam kerangka berpikir di mana dia tidak percaya dia mampu kalah,” kata Burns pada acara Financial Times.

Pengamat lain menyarankan Putin mengakhiri peperangan ini. Sayang Kremlin tidak menanggapi permintaan komentar tentang apa yang mungkin dikatakan Putin dalam pidatonya, yang akan disampaikan dari tribun Lapangan Merah di depan Mausoleum Vladimir Lenin.

Moskow menyebut perang itu sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan menyingkirkannya dari nasionalisme anti-Rusia yang dipicu oleh Barat. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters