3 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem, Salah Satunya Hindari Kontak dengan Matahari

 3 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem, Salah Satunya Hindari Kontak dengan Matahari

Gejala yang kerap muncul saat cuaca panas-Ilustrasi-Freepik/cookie_studio

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Pastikan selalu di tempat teduh. Jangan membiarkan anak-anak, hewan peliharaan, atau bahkan kendaraan berada di bawah sinar matahari langsung.

Jika biasanya mandi dengan air panas, saat cuaca terik, mandilah dengan air dingin. Saat cuaca panas, tubuh akan mudah berkeringat untuk mendinginkan suhu badan. Kenakan pakaian yang ringan dan longgar untuk menghindari gampang berkeringat.

BACA JUGA:7 Kasus dari 18 Temuan Hepatitis Akut di Indonesia Dinyatakan Tidak Tertular

Gunakan seprai tipis untuk menghindari akumulasi panas. Selain itu, jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air secukupnya. Minumlah secara teratur, tetapi hindari alkohol dan terlalu banyak kafein dan gula.

Di sisi lain, ternyata ada sejumlah cara lain untuk menjaga agar tubuh tetap sehat di tengah cuaca panas yang terjadi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman.

Berikut adalah 4 makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat panas terik agar tubuh tetap sehat.

BACA JUGA:Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Mojokerto Renggut 13 Orang Tewas, Korban Tersebar di Sejumlah Rumah Sakit

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah musiman musim panas yang paling efektif. Buah ini mengandung 91,45 persen air dan dengan demikian memenuhi kebutuhan air tubuh. Sarat dengan sifat anti-oksidan nya juga memberi efek pendinginan yang luar biasa.

2. Alpukat

Dipenuhi dengan asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah tinggi, alpukat membantu menghilangkan panas dan racun dari darah. Buah ini juga mudah dicerna dan tubuhtidak perlu membuat lebih banyak panas untuk mencernanya.

BACA JUGA:Kecelakaan Tol Sumo Tewaskan 14 Penumpang Bus PO Ardiansyah

3. Curd

Buah curd memberikan efek pendingin pada tubuh. Hal terbaik dari curd adalah punya banyak varian. Kreasikan menjadi buttermilk atau lassi manis dengan menambahkan madu sebagai pengganti gula, paling cocok untuk musim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: