Kenali 6 Gejala Heatstroke dan Cara Efektif Mengatasinya

Kenali 6 Gejala Heatstroke dan Cara Efektif Mengatasinya

Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Ini, Minggu 23 Juni 2024: Hati-hati Gerah!-bpbd/tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah negara di dunia tengah mengalami fenomena heatstroke dengan gelombang panas hingga 50 derajat celcius.

Bahkan di sejumlah negara Asia yang memiliki iklim tropis, fenomena ini dapat menyerang banyak orang sehingga butuh penangangan yang cepat.

Sebagin orang mungkin tidak menyadari bahwa beraktivitas di bawah terik matahari dengan suhu panas dapat menyebabkan gangguang cukup serius pada tubuh, salah satunya heatstroke.

BACA JUGA:Cuaca Hari Ini DKI Jakarta Dilanda Panas Maksimal? Cek Prakiraan Cuaca dari BMKG di Sini

BACA JUGA:Resep Es Cappucino Cincau, Penyegar Dahaga saat Cuaca Panas

Apa Itu Heatstroke?

Melansir dari Alodokter, heatstroke atau serangan panas merupakan kondisi dimana tbuh mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga mencapai 40 derajat celcius atau lebih.

Biasanya heatstroke muncul ditandai dengan berbagai macam gejala hingga penderita haru segera ditangani, jika tidak maka berisiko hilang kesadaran atau koma.

Kondisi ini dapat terjadi apabila seseorang terkena paparan suhu panas dari lingkungan sekitar, seperti cuaca yang panas dan dapat terjadi efek dari global warming.

Gejala Heatstroke yang Harus Diwaspadai

Heatstroke sering kali muncul secara tiba-tiba, tetapi ada beberapa tanda dan gejala yang bisa diperhatikan, di antaranya sebagai berikut:

1. Suhu Tubuh yang Sangat Tinggi: Suhu tubuh di atas 40°C adalah indikator utama heatstroke.

2. Kulit Kering dan Merah: Saat tubuh gagal mengatur suhunya, kulit bisa menjadi kering, merah, dan panas meski dalam keadaan tidak berkeringat.

BACA JUGA:4 Resep Minuman Cincau Hitam, Beri Manfaat Sehat Hadapi Cuaca Panas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: