Wanita Tanpa Busana Tampil di Festival Film Cannes

Wanita Tanpa Busana Tampil di Festival Film Cannes

Seorang wanita nekat tampil tanpa busana saat Festival Film Cannes digelar, Jumat 20 Mei 2022 waktu setempat.-Twitter/@MousyFu-Disway.id

CANNES, DISWAY.ID - Seorang wanita menanggalkan pakaian di karpet merah Festival Film Cannes untuk memperlihatkan tubuhnya yang dicat dengan warna bendera Ukraina dengan tulisan "Hentikan Pemerkosaan Kami" pada Jumat 20 Mei 2022 waktu setempat.

Wanita itu mengenakan celana dalam bernoda merah, pengunjuk rasa berteriak dan berpose di depan panggung dan meminta untuk difoto sebelum digiring oleh petugas keamanan.

Aksi tersebut sempat mengganggu parade para tamu yang mengenakan pakaian malam, termasuk Tilda Swinton dan Idris Elba, yang menghadiri pemutaran perdana film mereka Three Thousand Years of Longing oleh George Miller.

BACA JUGA:Cerita Para Dokter Bedah Ukraina, Memandangi Darah yang Tumpah di Depan Mata

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bulan lalu para penyelidik telah menerima laporan tentang ratusan kasus pemerkosaan di daerah-daerah yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Rusia, termasuk serangan seksual terhadap anak-anak kecil.

Zelensky, seorang mantan aktor, meluncurkan video permohonan bantuan untuk negaranya pada upacara pembukaan Cannes pada hari Selasa.

Perang telah menjadi tema utama di festival tersebut, dengan pemutaran khusus. Salah satunya menceritakan tentang Mariupolis 2, sebuah film dokumenter yang disutradara Lituania Mantas Kvedaravicius yang terbunuh di Ukraina bulan lalu dilaporkan oleh pasukan Rusia.

Ada pula film yang disutradai Sergei Loznitsa. Karyanya dalam The Natural History of Destruction, tentang pemboman kota-kota Jerman dalam Perang Dunia II.

BACA JUGA:Dahlan Iskan Temui Wartawan yang Baru Pulang dari Ukraina, Sedang Mencari Orang Tua Kandung di Indonesia

Festival Film Cannes ke-75 mencurahkan perhatian khusus pada perang di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara pada upacara pembukaan gala sebagai tamu kejutan melalui tautan video dari Kyiv, meminta solidaritas dunia perfilman dengan rakyatnya dalam menghadapi invasi Rusia.

“Pada akhirnya, kebencian akan hilang dan diktator akan mati,” katanya kepada penonton yang memberinya tepuk tangan meriah.

Setelah dua tahun di mana pandemi Covid-19 meredam etalase bioskop top dunia, topeng-topeng dilepas, kartu kesehatan tidak lagi diperlukan dan bintang-bintang dari seluruh dunia siap berpesta.

Forest Whitaker (60) yang meraih Academy Award untuk The Last King of Scotland dan membintangi film kultus seperti Ghost Dog dan hit TV baru-baru ini Godfather of Harlem, menerima penghargaan Palme d'Or pada upacara pembukaan pada Cote d'Azur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters