Perang Hebat Rusia dan Ukraina Pecah di Wilayah Severodonetsk, Wilayah Donbas Nyaris Jatuh!

Perang Hebat Rusia dan Ukraina Pecah di Wilayah Severodonetsk, Wilayah Donbas Nyaris Jatuh!

Rusia menarik 20 ribu pasukan dari wilayah Kherson,-Istimewa-kitakini

JAKARTA, DISWAY.ID - Medan tempur baru antara pasukan Rusia dan Ukraina saat ini terpusat di dua wilayah yakni Sloviansk dan Severodonetsk

Pihak Ukraina mengklaim, Rusia tengah mengumpulkan pasukan untuk menyerang wilayah Sloviansk dan Severodonetsk di Donetsk dan Luhansk, Senin 30 Mei 2022 waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina Oleksandr Motuzyanyk mengatakan pertarungan paling hebat terjadi di dekat Severodonetsk. 

BACA JUGA:22 Klub Liga Indonesia Resmi Berganti Nama di Kongres PSSI, Siapa Saja?

Kota Severodonetsk merupakan pertahanan terakhir pasukan Ukraina di wilayah Luhansk, Donbas.

"Di Sloviansk, musuh kembali berkumpul untuk melanjutkan serangan ke arah Izyum-Barvinkove dan Izyum-Sloviansk," kata Motuzyanyk dikutip dari Reuters, Selasa 31 Mei 2022.

Motuzyanyk menambahkan, pasukan Ukraina tengah mengupayakan segala cara untuk mencegah pasukan Rusia menguasai kedua kota Sloviansk dan Severodonetsk.

BACA JUGA:Baggott Siap Tempur Lawan Bangladesh: Ini Pertandingan Penting!

Apabila Severodonetsk ke tangan Rusia bakal memperkuat genggaman Kremlin atas wilayah Donbas, yang sebagian besar dikendalikan oleh gerakan separatis pro-Moskow.

Jika Rusia dapat menguasai Severodonetsk, pun daerah Lysychansk, Kremlin bakal menguasai seluruh wilayah Luhansk.

"Penangkapan Severodonetsk dan mencapai batas wilayah Luhansk bakal sangat penting untuk kepemimpinan Rusia berdasarkan pandangan politik, sebagai kemenangan dan pencapaian dari militer dan tujuan politik mereka," ujar analis militer Ukraina Kostyantyn Mashovets.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: