Pilot Tempur Tiongkok Intimindasi Pesawat Kanada di Langit Asia-Pasifik

Pilot Tempur Tiongkok Intimindasi Pesawat Kanada di Langit Asia-Pasifik

Sebuah pesawat patroli maritim Angkatan Udara Kanada CP-140 Aurora dari 14 Wing Greenwood mendapat intimidasi dari pesawat Tiongkok. -Lockheed Martin-Disway.id

“Akan menakutkan bagi (pilot Aurora) untuk melakukan segala jenis manuver. Dalam posisi terjepit, akan sulit mengelak. Manuver pilot pesawat tempur Tiongkok itu sangat berbahaya,” terang pensiunan komandan skuadron Angkatan Udara Kerajaan Kanada, kepada Global News.

“Yang terbaik yang bisa mereka lakukan adalah terbang bersama dan berharap pilot pesawat tempur Tiongkok itu menghilang,” kata Flynn. 

Dia juga meragukan kemampuan pilot Tiongkok, dengan. “Menjadi begitu agresif, hotdogging sebanyak itu. Menunjukkan bahwa (pilot Tiongkok) tidak terlalu berpengalaman, tidak terlalu bagus,” jelasnya.

3 Tahun Tiongkok-Kanada Tegang

Penahanan hampir 3 tahun CFO Huawei Meng Wanzhou oleh Kanada atas tuduhan penipuan, serta pemenjaraan terhadap Michael Kovrig dan Michael Spavor dari Kanada telah memperburuk ketegangan antara Kanada dan Tiongkok.

September lalu, setelah Meng mencapai kesepakatan dengan otoritas AS, ketiganya dibebaskan.Selain itu, Kanada baru-baru ini mengumumkan keputusannya untuk melarang Huawei dan perusahaan telekomunikasi Tiongkok lainnya ZTE menyediakan peralatan untuk jaringan 5G yang dikembangkan bulan lalu, membuat Beijing semakin marah.

Bukan rahasia lagi bahwa Kanada berada di bawah tekanan yang meningkat dari sekutu untuk memblokir peralatan 5G Huawei dengan alasan masalah keamanan nasional.  

Selama dua tahun terakhir, Tiongkok telah meningkatkan jejak militernya di Asia-Pasifik, terutama di sekitar Taiwan. Bahkan Beijing mengklaim, negara pulau itu sebagai miliknya dan telah berjanji untuk menggabungkannya dengan Tiongkok daratan.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: global news