Presiden Jokowi Jadi Anggota Champions Group PBB, Rumuskan Solusi Atasi Krisis Pangan, Energi, dan Keuangan

Presiden Jokowi Jadi Anggota Champions Group PBB, Rumuskan Solusi Atasi Krisis Pangan, Energi, dan Keuangan

Presiden Joko Widodo-Setkab-

JAKARTA, DISWAY.IDIndonesia kembali lagi dipercaya oleh dunia yang kali ini Presiden RI Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dipercaya sebagai salah satu pemimpin dunia yang menjadi anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group (GCRG). 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres, di Markas Besar PBB, di New York, Amerika Serikat, Rabu 13 April 2022.

“Champion Group tersebut dipimpin oleh Sekjen PBB dan bertujuan untuk mendorong konsensus global serta melakukan advokasi solusi untuk atasi krisis pangan, energi, dan keuangan global,” ujar Antonio Guterrez seperti dilansir Disway.id dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jumat 15 April 2022.

Selain Presiden Jokowi, Sekjen PBB juga memercayai lima pemimpin dunia lainnya sebagai anggota Champion Group yaitu, Presiden Senegal, Kanselir Jerman, Perdana Menteri Barbados, Perdana Menteri Denmark, dan Perdana Menteri Bangladesh.

BACA JUGA:PT ASDP Indonesia Ferry Buka Lowongan untuk TI, Buruan Daftar Sebelum Ditutup

Sebelumnya pada 14 Maret 2022, Sekjen PBB membentuk Global Crisis Response Group (GCRG) on Food, Energy, and Finance di Sekretariat PBB dan beranggota badan-badan/agensi PBB. 

GCRG memiliki peran untuk melakukan koordinasi antar badan PBB, merumuskan aksi untuk atasi ketiga krisis tersebut, melakukan analisa data krisis, dan mendorong kerja sama untuk implementasi solusi.

BACA JUGA:Inter Milan Libas Spezia 3-1, Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas!

Pembentukan Champions Group diharapkan dapat memastikan adanya kepemimpinan politis dan koordinasi tingkat politis yang dapat membantu mendorong implementasi dari berbagai usulan solusi.

Serta strategi dan aksi dari steering committee GCRG dalam mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: