Dekat Ciwidey, Danau Buatan Situ Sipatahunan Memendam Pesona

 Dekat Ciwidey, Danau Buatan Situ Sipatahunan Memendam Pesona

Tidak jauh dari lokasi wisata Ciwidey, canau buatan Situ Sipatahunan Memendam Pesona. -Twitter/@@Aldyyyp_-

Adapun air yang tertampung di danau buatan yang memiliki luas 2 hektare itu berasal dari mata air yang terletak di bukit sebelah selatan danau tersebut.

Namun kini di tahun 2022, Situ Sipatahunan tampak terabaikan dari campur tangan pemerintah. Selain banyak sampah, fasilitas umum yang ada di lokasi tersebut pun sudah tak layak digunakan oleh pengunjung.

 

Lahan di Situ Sipatahunan adalah milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Sehingga, dipastikan penataan akan berjalan lebih mudah.

Kini Pemerintah Kabupaten Bandung telah menyusun masterplan untuk menata kawasan tersebut menjadi lebih layak untuk didatangi wisatawan. Kemudian, kata dia, Disparbud bakal segera membuat Detail Engineering Design (DED).

Rencana untuk tahun 2022, kata Wawan, pihaknya akan membuat jogging track atau tempat pejalan kaki. Karena di bantaran danau tersebut kini masih berupa aspal dan sebagiannya masih berupa bebatuan.

Lalu pihaknya juga akan membuat atau merevitalisasi sejumlah fasilitas umum seperti toilet hingga tempat ibadah bagi wisatawan.

Termasuk, penataan kawasan bagi pedagang atau warung-warung juga akan disiapkan.

Hal yang tak kalah penting, menurutnya pola pikir masyarakat juga perlu dibentuk untuk menyikapi adanya potensi wisata tersebut.

Karena jika wisatawan atau masyarakat setempat masih membuang sampah sembarangan di kawasan tersebut, maka penataan menuju lokasi yang lebih alami sulit untuk tercapai.

Diharapkan penataan Situ Sipatahunan nantinya bisa menjadikan destinasi yang bersaing dengan lokasi wisata lainnya seperti Situ Bagendit yang ada di Kabupaten Garut, atau Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat yang kini juga tengah direvitalisasi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas pariwisata kabupaten bandung

Berita Terkait