FIM MiniGP Indonesia Series Resmi Digelar, Jenjang Pembalap Muda Indonesia Menuju MotoGP, Ini Jadwalnya

FIM MiniGP Indonesia Series Resmi Digelar, Jenjang Pembalap Muda Indonesia Menuju MotoGP, Ini Jadwalnya

FIM MiniGP Indonesia Series resmi digelar sebanyak 6 putaran mulai Juli 2022.-M Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama PT. Sport Talenta Indonesia (STI) dan Bekarya Otomotif Sukses sebagai strategic partner resmi akan menggelar FIM MiniGP Indonesia Series.

Ajang pembibitan pembalap ‘Road to MotoGP' ini mulai dilaksanakan bulan Juli 2022 mendatang.

Seperti diketahui, FIM MiniGP Indonesia Series merupakan program langsung dari Dorna Sport, selaku penyelenggara MotoGP yang diperlombakan di beberapa negara di seluruh dunia, dengan rentang peserta 10-14 tahun.

BACA JUGA:IIMS Surabaya Resmi Dibuka, Harga Tiket Cuma Rp 10 Ribu

Nantinya dari seri di setiap negara yang menggelar FIM MiniGP ini akan diambil 2 pembalap terbaik yang akan diperlombakan pada babak final di Valencia, Spanyol.

“Sedih juga saat menyaksikan balap MotoGP, WSBK di Mandalika, kita punya sirkuit, tapi pembalap kita tidak (banyak) berpatisipasi. Semoga dengan adanya FIM MiniGP Indonesia Series dengan waktu gak terlalu lama lagi kita akan melihat anak-anak kita bisa berlaga di MotoGP suatu saat nanti,” ujar Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum IMI Pusat dalam sambutannya, Jumat 3 Juni 2022.

Sementara itu, menurut Happy Harinto, selaku Direktur Utama STI, ajang FIM MiniGP Indonesia Series ini merupakan peluang bagi pembalap muda Indonesia yang berjenjang hingga ke MotoGP.

“Ini adalah jenjang untuk masuk ke MotoGP, seperti nanti bisa masuk ke Asia Talent Cup, Red Bull Rookies Cup, atau ke JuniorGP dan nanti ke Moto3, Moto2 baru MotoGP,” terang Happy.

BACA JUGA:Korban Rudapaksa hingga Melahirkan di Cengkareng selama 3 Tahun Tidak Digaji

“Banyak pembalap dunia yang lahir dari program Dorna ini, seperti Marc Marquez, Johann Zarco, Casey Stonerm Dani Pedrosa dan lainnya. Mudah-mudahan 3 atau 4 tahun ke depan ada pembalap kita yang berlaga di sana (MotoGP),” tambahnya.

Sementara itu, Harlan Fadhillah sebagai Direktur STI mengatakan, biaya dan pendaftaran FIM MiniGP Indonesia Series ini gratis dan para pembalap juga sudah disiapkan motor, wearpack juga helm.

“Pendaftaran gratis, dan saat ini sudah ada 35 anak yang mendaftar. Mereka berasal dari 15 racing school yang ada di Indonesia. Nantinya kita akan seleksi untuk mengambil 15 terbaik untuk ikut FIM MiniGP Indonesia Series sebanyak 6 Putaran ini,” jelas Harlan kepada Disway.id.

“Untuk motor yang digunakan adalah Ohvale GP-O berkapsitas 160 cc. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi full racing dan sama dengan yang akan dipakai pada final di Valencia nanti,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: