Sempat Alami Gizi Buruk, Bocah Babelan Bekasi Ini Sekarang Berbobot 126 Kilogram

Sempat Alami Gizi Buruk, Bocah Babelan Bekasi Ini Sekarang Berbobot 126 Kilogram

Ilustrasi/Kelebihan berat badan -Pixabay-

KABUPATEN BEKASI, DISWAY.ID, Sempat mengalami gizi buruk di usia tiga bulan, bocah bernama Rafka Adi Putra (11) asal Babelan Kabupaten BEKASI ini kini memiliki berat 126 kilogram. 

Kini keluarganya berusaha untuk mengobati kelebihan berat yang dialami Rafka dengan melaporkan ke Puskesmas setempat. Namun saat hendak ditangani, Rafka mengamuk dan penanganannya pun gagal di hari itu. 

Keluarga, Saidah menjelaskan, pada Kamis 10 Maret 2022 petugas Puskesmas telah datang dan memeriksa. Dan kemudian memutuskan membawa Rafka ke RSUD keesokan harinya pada Jumat 11 Maret 2022.

“Dia ngamuk-ngamuk di rumah sakit, makannya dari pihak keluarga nanya ke dokter ini gimana, dokter juga sendiri liat ngamuk-ngamuk di rumah sakit nggak mau dirawat, dari pihak rumah sakit menyerahkan ke keluarga, terus dari kami keluarga kita bawa pulang dulu,”  katanya.

Dokter memberi pantangan kepada keluarga untuk mengurangi porsi makan Rafka. Selain itu Rafka dianjurkan untuk memakan buah-buahan. 

Saidah menceritakan,  Rafka mulai kelebihan bobot berat badan pada umur 8 tahun.

“Waktu dia baru lahir normal ya 4,2 kg, pas 3 bulanan menyusut sampai pernah 1,5 kg, kalau usia 3 bulan 1 kg setengah itu hitungannya kurang gizi, dia mulai kelebihan berat badan dia waktu masuk sekolah,” ujar Saidah, Senin (14/3/2022).

Menurutnya, berat badan Rafka setiap tahun selalu bertambah. Saat umur 7 tahun itu sekitar 35 kg, 8 tahun sekitar 40-45 kg. Dan akhir 2021 lalu berat badannya mencapai 95 kg. Dan sejak Januari 2022 lalu mengalami kenaikan drastis hingga mencapai 126 kg.

Puncaknya saat awal tahun 2022 ini atau sekitar dua bulan lalu, berat badan Rafka mencapai 126 kg.

“Paling drastis itu awal 2022 ini, 3 bulan ini dari 95 kiloan sampai ke 126 kg cepet banget naiknya,” ucapnya lagi.

Sumber: Sumeks.co

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: