Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Menerjang di 24 Wilayah Indonesia pada Rabu 30 Maret 2022

Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Menerjang di 24 Wilayah Indonesia pada Rabu 30 Maret 2022

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) merilis prakiraan cuaca sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan rilis resmi BMKG pada Rabu 30 Maret 2022 memprediksi 24 wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

24 wilayah yang dimaksud di antaranya, yakni Aceh, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Maluku, hingga Papua.

Termasuk pula di antaranya yakni Kalimantan Utara atau Kaltara juga berpotensi alami cuaca ekstrem berupa hujan lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BACA JUGA:Jepang Lakukan Evaluasi setelah Ditahan Imbang Vietnam, Hajime Moriyasu: Ini Memalukan

Sementara itu, wilayah Sulawesi Selatan dan Maluku Utara diprediksi oleh BMKG berpotensi diguyur hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BMKG mengimbau warga senantiasa waspada dengan perubahan cuaca yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di Laut Cina Selatan sebelah barat daya Filipina dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1009 mb.

Pergerakan sistem ini ke arah barat dengan potensi dalam 24 jam kedepan untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori rendah.

Bibit Siklon Tropis 96S terpantau berada di Samudra Hindia Selatan Banten, dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1007.3 mb.

Pergerakan sistem ini cenderung ke arah tenggara dan potensi dalam 24 jam kedepan untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori rendah.

Bibit siklon tropis 96S ini menginduksi kecepatan angin >25 knot (low level jet) di sekitar perairan barat Lampung hingga selatan Jawa Tengah yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut wilayah perairan tersebut.

BACA JUGA:Polandia Gusur Swedia, Robert Lewandowski Sumbang Gol, Zlatan Ibrahimovic ‘Mandul’

Bibit Siklon Tropis 97P terpantau di sekitar Teluk Carpentaria sebelah selatan Papua yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Laut Banda, Maluku bagian tenggara hingga Papua bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: