KAI Tutup Permanen Pintu Lintasan KRL di Citayem Usai Kecelakaan

KAI Tutup Permanen Pintu Lintasan KRL di Citayem Usai Kecelakaan

Kondisi mobil Honda Mobilio berwarna putih yang tertabrak KRL dari arah Bogor menuju Jakarta, pada Rabu (20/4), ringsek.-JPNN-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT KAI Daop 1 Jakarta menutup secara permanen sebidang perlintasan di rel kereta api Stasiun Citayam usai kecelakaan yang melibatkan KRL rute Bogor-Jakarta Kota dengan 1 mobil.

Penutupan ini sebagai pencegahan yang dilakukan PT KAI agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi. Pertimbangan lainnya adalah lintasan tersebut merupakan perlintasan liar yang berpotensi rawan kecelakaan.

"Karena perlintasan sebidang lokasi kecelakaan KRL dengan mobil tidak memiliki pintu otomatis dan rambu peringatan, dan berdasarkan undang-undang perlintasan liar harus ditutup," kata Eva, Rabu 20 April 2022.

BACA JUGA:KAI: Penumpang di Bawah 18 Tahun Tak Perlu Antigen

BACA JUGA:Jasa Marga Buka Lowongan untuk 3 Posisi, Tertarik?

Eva menambahkan, penutupan perlintasan sebidang itu dilakukan secara manual dan disaksikan langsung oleh Direktur Keselamatan DJKA.

Selain itu, PT KAI Daop 1 Jakarta juga akan menutup 67 lintasan sebidang kereta api sepanjang 2022 ini. 9 lintasan sebidang di antaranya berada di Depok dan Bogor, Jawa Barat.

"Di wilayah Daop 1 Jakarta, KAI memprogramkan penutupan perlintasan sebidang pada 67 perlintasan sebidang di 2022, 9 di antaranya berada di wilayah Depok dan Bogor," ungkapnya.

Hingga April 2022, PT KAI telah menutup 7 lintasan sebidang. Selebihnya, perusahaan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pejabat wilayah setempat.

"Untuk lokasi lainnya, saat ini masih dalam proses koordinasi dengan kementerian perhubungan dan kewilayahan setempat," ujarnya.

BACA JUGA:KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Terobos Palang KRL di Citayam

BACA JUGA:Resep Menu Buka Puasa: Ini Bahan dan Cara Buat Asinan Buah Segar, Lengkap dengan Saus Kacangnya

Diketahui, sebuah mobil minibus ditabrak Kereta Rel Listrik (KRL) di perlintasan kereta api palang pintu manual di Rawageni, Kecamatan Cipayung, Citayam, Kota Depok. 

Akibatnya minibus berplat nomor B 1563 NYZ itu ringsek dan terjepit di antara badan kereta dan pagar pembatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: