KAI: Penumpang di Bawah 18 Tahun Tak Perlu Antigen

KAI: Penumpang di Bawah 18 Tahun Tak Perlu Antigen

Syarat Naik KA Jarak Jauh Masih Belum Berubah, Usia 18 Tahun Ke Atas Wajib Vaksin Booster-@kai121_-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) ata PT KAI menetapkan aturan terbaru untuk penumpang Kereta Api usia 6-17 tahun. 

Penumpang kelompok usia tersebut tak perlu menunjukkan hasil Antigen atau PCR jika sudah melakukan vaksinasi dua dosis. Aturan ini berlaku mulai 20 April 2022.

“Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022,” kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Rabu 20 April 2022.

BACA JUGA:KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Terobos Palang KRL di Citayam

BACA JUGA:Menhub Budi Karya Bilang Tol Gratis apabila Macet di GT Lebih 1 Kilometer

Sementara untuk anak usia 6-17 tahun yang baru divaksin dosis pertama, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terbaru:

- Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

- Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

- Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

- Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

- Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

- Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

KAI masih menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh di berbagai stasiun dan klinik kesehatan milik KAI yaitu di Klinik Mediska hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: