Menhub Budi Karya Bilang Tol Gratis apabila Macet di GT Lebih 1 Kilometer

Menhub Budi Karya Bilang Tol Gratis apabila Macet di GT Lebih 1 Kilometer

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi--Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa apabila terjadi kemacetan di gerbang tol (GT) saat mudik jalur darat, maka akan digratiskan.

"Itu sudah ada kesepakatan, kalau macet di gerbang tol lebih 1 km, itu bebas (gratis),” ungkap dia di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu 20 April 2022.

Hal tersebut kata dia,  merupakan upaya dari pemerintah untuk mempersiapkan pengelola tol untuk bekerja optimal dalam menghadapi mudik lebaran 2022. 

Artinya, tidak ada kompensasi kepada pengelola tol. "Jadi ini adalah suatu cara kita untuk menuntut para pengelola tol bekerja baik, kalau bekerja baik tidak akan macet,” jelas dia.

Budi juga menuturkan, pihaknya akan membentuk posko mudik untuk memantau perkembangan nanti.

BACA JUGA:Menhub Budi Karya Imbau Masyarakat Pulang Mudik Lebih Awal  

“Kami nanti ikut mendukung, kalau mau mengikuti perkembangan mudik, kita punya posko, kita akan update sehari dua kali perkembangan itu,” tutup dia.

Mengutip JawaPos Rabu 20 April 2022, pemerintah telah memberikan kelonggaran untuk masyarakat melaksanakan mudik lebaran 2022. 

Berdasarkan survei Badan Litbang Kementerian Perhubungan, diprediksi akan ada 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran. 

Adapun, jumlah kendaraan pribadi diperkirakan akan mencapai 39,8 juta dengan rincian mobil pribadi sebanyak 22,9 juta dan pemudik yang menggunakan sepeda motor 16,9 juta.

BACA JUGA:Mudik Gratis 2022 Pemprov DKI Tujuan 17 Kota Kabupaten, Sudah Terisi 66 Persen

Lalu, ada juga angkutan darat dengan kendaraan umum sebanyak 25,7 juta orang. Dengan rincian bus 14,1 juta, mobil sewa 6,7 juta, mobil travel 4,5 juta dan taksi 0,4 juta. Sisa pemudik menggunakan transportasi udara, transportasi air dan kereta api.

Euforia ini pun diperkirakan akan menimbulkan kemacetan di jalur darat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: