Perempuan Tangguh Pelaku UMKM Binaan Dompet Dhuafa Jadi Contoh Kartini Masa Kini

Perempuan Tangguh Pelaku UMKM Binaan Dompet Dhuafa Jadi Contoh Kartini Masa Kini

Kartini Tangguh, Perempuan Pelaku UMKM Binaan Dompet Dhuafa-dompet dhuafa-

INDRAMAYU, DISWAY.ID – Pandemi Covid-19 tidak membuat para perempuan menyerah dalam membuktikan perannya secara signifikasi. Salah satunya para perempuan di INDRAMAYU, Jawa Barat yang tangguh menjadi penggerak UMKM di bawah binaan Ibu Dewida, Mitra Dompet Dhuafa.

Darwinah atau yang akrab disapa Wina, panggilannya menjadi satu dari banyak Kartini masa kini yang mendampingi ibu-ibu tangguh lainnya membangun bisnis UMKM.

Mulai dari kelayakan produksi, packing, test pasar hingga penyerapan hasil produksi. 

“Banyak pengusaha yang tidak bisa menjawab berapa keuntungan didapatkan, artinya tidak bisa mengukur,” ujat Wina, Rabu 20 April 2022.

BACA JUGA:Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan Dilaporkan ke Polda Sulut

“Tidak punya manajemen usaha yang baikk, tidak bisa hitung HPP, hingga penentuan harga jual. Maka, timbul keprihatinan kami untuk memberikan edukasi, dan pendampingan,” tambahnya saat menilik mitra binaannya UMKM Rolisa Food di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Indramayu.

Menurut Wina, Rumah Edukasi telah berjalan selama 13 tahun, bersama Dompet Dhuafa dan mitra lainnya.

Rumah Edukasi memiliki visi yang sama dalam memajukan UMKM Indramayu hingga produknya bisa bersaing di kancah Nasional bahkan Internasional. 

BACA JUGA:Diler Vespa dan Piaggio di Jember Resmi Dibuka, Buruan Ambil Promo Voucher Eksklusifnya!

“Yang menjadi concern kami dan Dompet Dhuafa adalah bagaimana agar pelaku usaha ini dapat menikmati hasilnya, bukan hanya lelahnya,” jelasnya.

Alhamdulillah, salah satu binaan kita dilirik oleh pasar Korea Selatan, produk Kerupuk Kulit Sapi milik Suami-Istri yakni Rolis dan Pita Puspita Sari,” imbuhnya. 

Seperti diketahui, pada awal April lalu, produk kerupuk kulit milik Pita Puspita Sari dan Rolis berhasil lolos proses kurasi hingga telah mengirim 2.400 pcs kerupuk kulit ke Korea Selatan. 

BACA JUGA:Penelitian: Minum 2 Cangkir Kopi Sehari Sehatkan Jantung

“Dan repurchase, bulan Mei besok akan shipping lagi 7 kali lipat,” ungkap Wina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: