Konsumsi Nasional LPG 3 Kg Capai 93 Persen, Bukti Subsidi Salah Sasaran!

Konsumsi Nasional LPG 3 Kg Capai 93 Persen, Bukti Subsidi Salah Sasaran!

Gas LPG 3 Kilogram --

JAKARTA, DISWAY.ID - Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko mencatat, konsumsi tabung gas cair (LPG) 3 kg saat ini mencapai 93 persen dari total konsumsi nasional.

Dengan demikian, hal tersebut mengindikasikan bahwa jelas terjadi salah sasaran terkait subsidi LPG 3 kg di lapangan. 

Sekretaris Jenderal DEN, Djoko Siswanto menyebut, masyarakat miskin yang layak mendapat subsidi hanya sekitar 20 persen saja. Namun nyatanya, yang menikmati subsidi mencapai 93 persen.

"Ini artinya salah sasaran karena orang miskin di kita kan cuma 20 persen, tapi faktanya 93 persen masyarakat Indonesia menggunakan LPG 3 Kg," kata Djoko dalam diskusi Migas & Transisi Energi, Jumat 18 Maret 2022.

BACA JUGA:Merek Minyak Goreng Kemasan Bermunculan, Asli atau Palsu? Cek Disini...

+++++

"Ini perlu diatur, engga gampang, susah, dan ternyata engga pernah bisa," sambungnya.

Untuk itu, kata Djoko, pemerintah ingin menerapkan strategi lain dalam mengubah cara konsumsi gas rumah tangga dengan mengalihkan LPG menjadi jaringan gas (jargas).

"Kita ingin pakai skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Artinya, swasta investasi, kalau rugi baru ada bantuan pemerintah," bebernya.

BACA JUGA:Wadidaw.. 7 Ojek Online Ketabrak Mobil, Lagi Tunggu Orderan

Selain itu, kata Djoko, skema lain yang ingin dipakai pemerintah adalah peralihan dari LPG menuju produk dimetil eter (DME), bahan bakar yang berasal dari batu bara berkalori rendah.

"Dibandingkan subsidi LPG yang puluhan triliun per tahun, kalau itu bisa digeser maka saya yakin impor LPG akan berkurang," ujarnya. 

+++++

"Kita punya target di 2027 sudah tidak lagi impor LPG," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: