2 Industri Kelapa Sawit Buka Lokakarya di Aceh, Olivier Tichit: Ini Penting di Area Rantai Pasok

2 Industri Kelapa Sawit Buka Lokakarya di Aceh, Olivier Tichit: Ini Penting di Area Rantai Pasok

Lokakarya kolaboratif Musi Mas dan Sinar Mas Agribusiness and Food di Aceh merupakan lokakarya kedua yang diselenggarakan dengan melibatkan lebih dari 55 peserta yang terdiri dari perwakilan.---Sinar Mas Agribusiness and Food

ACEH, DISWAY.ID - Musim Mas Group dan Sinar Mas Agribusiness and Food berkolaborasi menyelenggarakan lokakarya dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) kedua bagi para pemasok di Langsa dan Kuala Simpang, Aceh.

Lokakarya tersebut menekankan pentingnya kepatuhan para pemasok terhadap kebijakan keberlanjutan.

Lokakarya kolaboratif kedua ini diadakan selama dua hari dan diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari perwakilan pabrik pemasok, pedagang dan petani setempat, pejabat pemerintah, serta organisasi masyarakat sipil (ORMAS).

Pembahasan yang ada di lokakarya itu ada tiga topik utama, yakni Pemenuhan terhadap Nihil Deforestasi, Nihil Gambut, dan Nihil Eksploitasi (No Deforestation, No Peat, and No Exploitation/NDPE), sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Kemamputelusuran hingga ke kebun (Traceability to the Plantation/TTP).

BACA JUGA:Ngeri! Suami Bunuh Istri dan Anak di Serang, Satu Kampung Geger

BACA JUGA:CPA Australia: Usaha kecil Indonesia Juarai Pertumbuhan Bisnis di Asia Pasifik

Melalui sesi-sesi tersebut, peserta memperoleh wawasan tentang pentingnya kepatuhan NDPE dan sertifikasi ISPO untuk keberlanjutan bisnis secara jangka panjang.

Dampak kepatuhan NDPE terhadap penerimaan produk minyak kelapa sawit Indonesia di pasar global juga dibahas dalam lokakarya tersebut beserta pentingnya transparansi dan komunikasi yang baik terkait kepatuhan NDPE.

“Antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta mencerminkan betapa pentingnya lokakarya di area rantai pasok," kata Olivier Tichit, Direktur Keberlanjutan, Musim Mas.

"Lokakarya adalah elemen kunci “Strategi Aceh” untuk berkontribusi pada produksi pertanian berkelanjutan. Lokakarya semacam ini mendorong penerapan konsep NDPE dan bagaimana hal tersebut dapat direalisasikan oleh pabrik, pedagang lokal, dan petani.

BACA JUGA:Rilis Single Berjudul 'Lebaran', Anggota Grup Vokal Putih Abu-Abu: Lagunya Sangat Easy Listening

BACA JUGA:6 Mitos Ramadan yang Paling Sering Disalahartikan, Salah Satunya Dilarang Menggunakan Obat?

"Diskusi yang berlangsung sangat terbuka dan hidup; hal ini menunjukkan rasa percaya yang telah terbangun selama lokakarya berlangsung. Kami senang dapat bekerjasama kembali dengan Sinar Mas Agribusiness and Food di lanskap penting yaitu Aceh. Kami percaya perusahaan minyak kelapa sawit harus berkolaborasi untuk rantai pasokan yang bebas deforestasi dan eksploitasi.” ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Head of Traceable and Transparent Production, Sinar Mas Agribusiness and Food yakni Wahyu W. Wijayanti mengatakan bahwa lokakarya bersama Musim Mas merupakan komitmen mereka dalam mendorong terwujudnya transformasi industri kelapa sawit berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: