Terminal 1 dan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta Diaktifkan Kembali, Layani Mudik Lebaran 2022

Terminal 1 dan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta Diaktifkan Kembali, Layani Mudik Lebaran 2022

Menhub dan Menko PMK Saat Meninjau Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.-Kemenhub RI-

TANGERANG, DISWAY.ID-- PT Angkasa Pura II membuka kembali Terminal I Bandara Soekarno-Hatta setelah hampir dua tahun tidak diaktifkan lantaran pandemi Covid-19

Terminal I kembali diaktifkan sebagai persiapan kelancaran angkutan lebaran tahun 2022 di Bandara Soekarno-Hatta.

"Terminal 1 sudah diaktifkan mulai 1 April 2022. Dibukanya Terminal 1 untuk mendukung Terminal 2 dan Terminal 3 pada mudik lebaran tahun 2022," kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Jumat 8 April 2022.

BACA JUGA: Alamak, Makan dan Minum Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Habiskan Rp 6,7 Miliar

Dia menjelaskan, dibukanya seluruh terminal dengan dukungan operasional 3 runway itu, yakni untuk memastikan kelancaran penerbangan rute domestik dan internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

Menyusul operasional Terminal 1, 2, dan 3 tersebut, dia mengungkapkan, Bandara Soekarno-Hatta juga akan mengaktifkan Skytrain yaitu moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik.

"Moda transportasi ini (Skytrain) untuk perpindahan penumpang pesawat serta pengunjung bandara, dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara," jelasnya.

BACA JUGA: Elf Terguling di Cirebon, Evakuasi Sopir Terjepit Berlangsung Dramatis

Pada periode Angkutan Lebaran 2022, lanjutnya, Skytrain akan dioperasikan pada pukul 05.00 - 22.00 WIB.

Di mana, moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik itu akan menghubungkan antar terminal serta stasiun kereta bandara.

"Kami sangat bersiap menghadapi Angkutan Lebaran 2022 dengan mengoptimalkan sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta, di antaranya mengaktifkan Terminal 1 dan Skytrain," ujarnya.

BACA JUGA: Warga Losari Brebes Terpaksa Antre Berjam-Jam Beli Minyak Goreng

Tak hanya itu, dia melanjutkan, pada periode Angkutan Lebaran di tahun 2022 ini AP II juga membuka sentra vaksinasi di Terminal 3 dan sentra vaksinasi booster di Terminal 2.

Untuk sentra vaksinasi booster, kata dia, dibuka di Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E untuk mendukung para penumpang pesawat pada periode angkutan lebaran tahun 2022.

BACA JUGA: Maaf, Bandara Internasional Jawa Barat Belum Bisa Layani Penerbangan Mudik 2022

"Adapun sentra vaksinasi booster di Terminal 2 dibuka setiap hari pada pukul 08.00 - 16.00 WIB," terangnya

"Penumpang yang ingin melakukan booster diimbau datang 4 jam sebelum keberangkatan, dan harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua selama minimal 3 bulan," tambahnya.

BACA JUGA: Muatan Ketinggian, Kapal Tongkang Tersangkut di Jembatan Martadipura

Dikatakan Awaludin, selain di Bandara Soekarno-Hatta, sentra vaksinasi booster juga dibuka di bandara-bandara lainnya yang dikelola PT Angkasa Pura II.

"Kami berharap Angkutan Lebaran dapat berjalan lancar salah satunya didukung sentra vaksinasi booster, AP II mendukung Mudik Aman dan Mudik Sehat," ucapnya

Sementara, dia menambahkan, sesuai rapat koordinasi dengan Menhub dan Menko PMK pada 7 April 2022 lalu,  puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran.

"Sementara puncak arus balik terjadi pada H+5 setelah lebaran," tandasnya. (Rikhi Ferdian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: