Mudik Jalur Selatan? Sempatkan Singgah di Sini, 10 Destinasi Wisata Purwerejo

Mudik Jalur Selatan? Sempatkan Singgah di Sini, 10 Destinasi Wisata Purwerejo

Benteng Pendem-Instagram/ yanti.hadiwijono-

8. Goa Seplawan

Di Kecamatan Kaligesing, tepatnya di Desa Donorejo, ada sebuah goa yang dinamakan Goa Seplawan dengan tinggi 700 meter bila diukur dari atas permukaan laut.

Dari pusat kota Purworejo, pelancong hanya perlu menuju ke arah timur dan menempuh jarak 20 kilometer. 

Selain udaranya yang sejuk di kawasan goa, di dalam goanya sendiri ada beragam ornamen yang khusus, seperti gouwer dam, soda straw, helekit, stalaktit, flow stone, stalaktit, serta dinding-dinding goa yang memiliki ornamen dengan bentuk seperti kerangka ikan.

Panorama yang cantik menghiasi kawasan goa, termasuk hutan pinus yang kelihatan asri serta taman bunga yang pastinya menjadi favorit setiap pengunjung.

Objek wisata alam satu ini meraih popularitas setelah penemuan arca emas Dewi Pawestri dan Dewa Syiwa dengan berat 1,5 kilogram di tahun 1979. 

9. Masjid Agung Purworejo

Daya tarik dari masjid ini adalah sebuah bedug tua dengan diameter 2 meter yang dibuat sejak dari tahun 1800-an.

Sisi istimewa dari bedug ini bukan hanya pada ukurannya yang terbilang sangat besar, namun penggunaan bedug ini hanya pada bulan Ramadan saja. 

Jadi jangan heran bila saat Ramadan dan liburan Lebaran, masjid ini dikunjungi banyak orang. Baik itu until beribadah atau berwisata.

10. Hutan Kusumo Asri

Wisatawan dengan keinginan berwisata hutan bisa langsung menuju ke Hutan Kusumo Asri yang ada di Kecamatan Bener.

Lokasi tepatnya ada di Desa Mayungsari. Area hutan ini bukan hanya menampilkan banyak pohon, melainkan juga ada kebun binatang mini yang akan menarik bagi anak-anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: