9 Daftar Menu Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Indonesia

9 Daftar Menu Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Indonesia

Bongko Kopyor--Instagram/maktiendailyfood

Mi Glosor yang Menggugah Selera Khas Bogor

Bergeser ke Kota Hujan, Bogor, Jawa Barat, menu berbuka puasa yang sangat populer adalah mi glosor. 

Sepanjang bulan puasa, penjual mi glosor akan meningkat. Camilan ini dapat dengan mudah di pinggir jalan atau di pasar takjil.

Nama tersebut diambil karena mi yang menjadi bahan utamanya memiliki tekstur sangat licin sehingga sangat mudah ditelan seperti meluncur begitu saja di tenggorokan. 

Tekstur licin itu didapatkan karena bahan pembuatan mi bukan tepung terigu tetapi tepung singkong atau aci.

 5.  Kicak - Daerah Istimewa Yogyakarta

Kicak Legendaris dari Pasar Kauman Yogyakarta

Selama bulan puasa, pasar jajanan Ramadan rutin dibuka di Kampung Kauman, Yogyakarta dan sudah menjadi sebuah tradisi dari tahun ke tahun. 

Di pasar tersebut ada banyak sekali takjil dan kuliner khas bulan puasa yang cocok disantap untuk berbuka, yang sangat legendaris adalah kicak. 

Takjil dengan rasa manis bercampur gurih ini dibuat dari ketan yang diberi santan, nangka, dan kelapa parut. Dulunya, kicak tidak dibuat dari ketan melainkan singkong, namun ada sedikit perubahan pada bahan utamanya.

Bagaimana kicak dapat menjadi kuliner khas populer? Menurut cerita masyarakat lokal, takjil ini pertama dibuat pada tahun 1970-an oleh Mbah Wono. Waktu itu Mbah Wono menjual kicak di pasar sore yang lokasinya ada di Kauman. 

Karena banyak yang menyukainya sebagai takjil, akhirnya kicak kian populer dan menjadi makanan khas Yogyakarta hingga sekarang.

 6. Bongko kopyor - Gresik, Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: