Waspada Cuaca Ekstrem Senin 11 April 2022, DKI Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin dan Petir

Waspada Cuaca Ekstrem Senin 11 April 2022, DKI Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin dan Petir

Ilustrasi hujan deras dan angin kencang.--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperirkirakan, sejumlah daerah di Indonesia diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem pada hari Senin 11 April 2022.

Melansir dari situs resmi BMKG, web.meteo.go.id disebutkan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 20 wilayah di Tanah Air.

Adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi lantaran Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di perairan timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1004 mb.

BACA JUGA: Menang di MotoGP Amerika 2022, Enea Bastianini: Ini Kemenangan Fantastis!

Pergerakan sistem ini cenderung persisten dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori tinggi.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin yang lebih dari 25 kt (low level jet) di Samudra Pasifik timur Filipina hingga pesisir timur Filipina.

Bibit Siklon Tropis 96W terpantau di Laut Cina Selatan utara Kalimantan dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb.

Sistem ini bergerak ke arah timur dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori rendah.

Sistem ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang Laut Cina Selatan utara Kalimantan.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

BACA JUGA: Brooklyn Beckham dan Nicola Peltz Menikah dengan Tradisi Yahudi, Sehari Pesta Rp 76 Miliar

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

• Aceh

• Sumatera Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: