Fujian Kapal Perang Terbesar Tiongkok Diluncurkan, Bikin Amerika Makin Ciut

Fujian Kapal Perang Terbesar Tiongkok Diluncurkan, Bikin Amerika Makin Ciut

Fujian, kapal perang pertama dirancang dan dibangun di negara itu, menandai kemajuan militer Tiongkok, Jumat 17 Juni 2022.-Twitter/@Fighterman_FFRC-Disway.id

“Dek penerbangan konvensional dengan (ketapel elektromagnetik) setidaknya secara teori akan memungkinkan kapal induk untuk meluncurkan pesawat lebih cepat dan dengan muatan yang lebih berat  yang merupakan faktor penentu utama selama pertempuran,” katanya dikutip Disway.id dari AFP.

Pada tingkat strategis, kapal induk baru menandai datangnya usia Angkatan Laut PLA. Angkatan laut air biru dapat beroperasi di seluruh dunia dalam jangkauan yang luas.

Namun, perlu waktu bertahun-tahun sebelum Fujian beroperasi. Pihak berwenang belum mengatakan kapan akan memasuki layanan. Liaoning ditugaskan pada 2012, dan Shandong mulai beroperasi pada 2019.

Amerika Serikat sejauh ini memiliki kapal induk paling banyak yang beroperasi di 11 kapal, diikuti oleh Tionkok dan Inggris masing-masing dua, menurut majalah pertahanan Janes.

Tidak seperti supercarrier bertenaga nuklir Angkatan Laut AS, Fujian menggunakan propulsi konvensional. Kapal nuklir memiliki keunggulan signifikan dibandingkan kapal konvensional karena dapat beroperasi dalam waktu lama tanpa perlu berlabuh dan mengisi bahan bakar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the straits times