Kembali S & N

Kembali S & N

Warga Pakistan mengibarkan bendera bergambar Shehbaz Sharif.-AFP-

PEMIMPIN baru dari stok lama. Anda pun sudah terlalu tahu: Imran Khan berhasil dilengserkan. Pakistan punya perdana menteri baru: Shehbaz Sharif. Dalam status tersangka. Kasus korupsi. 

Umurnya kini 70 tahun. Shehbaz sudah pernah ditahan enam bulan tapi belum disidangkan di pengadilan. Oktober lalu Shehbaz dikeluarkan dari tahanan –dengan uang jaminan. 

Sampai Imran lengser Minggu lalu, kasus Shehbaz belum juga disidangkan.

Kini Shehbaz perdana menteri. Kekuasaan mungkin bisa menyelesaikan kasusnya –kalau KPK di sana punya mekanisme SP3. "Perkara ini penuh dengan motif politik," ujar Shehbaz berkali-kali.

Waktu itu kakaknya, Nawaz Sharif, menjabat perdana menteri Pakistan. Harus dilengserkan. Dengan segala cara. Termasuk dengan tuduhan korupsi. Sang kakak ditahan. Penahanannya dramatis sekali.

Di tahanan Nawaz sakit. Tidak boleh ditangani dokter pribadi. Harus dokter tahanan. Sakitnya semakin parah. Setelah debat di publik yang seru akhirnya Nawaz diizinkan berobat ke London. Salah satu anaknya memang tinggal di sana.

Kekhawatiran sebagian publik pun Pakistan benar: ia tidak mau pulang lagi –biar pun sudah sembuh. Sampai sekarang belum pernah disidangkan.

Maka adiknya, dan putrinya yang sangat sangat cantik itu, Maryam, diincar KPK sana. Berkali-kali mereka diperiksa dalam kasus korupsi yang melibatkan Sang Kakak. Akhirnya Sang Adik ditetapkan sebagai tersangka. 

Waktu itu jabatan sang adik baru saja menjadi ketua umum partai keluarga ini: PML-N. Ia baru menggantikan jabatan Sang Kakak yang sedang ditahan.

Sang Kakak tidak diberhentikan, tapi didudukkan sebagai semacam ketua Dewan Syura partai. Sedang Sang Putri, Maryam, menjadi semacam ketua harian di partai itu.

Mereka memang keluarga politik. Juga keluarga kaya raya. Tergolong kaya lama –untuk membedakan dengan fenomena OKB. Perusahaannya banyak: besar dan besar sekali. Pabrik bajanya terkenal. Pabrik gulanya di mana-mana.

Mereka sangat mengerti ekonomi. Mereka suka geregetan melihat pengelolaan ekonomi negara. Lalu terjun ke politik.

Sang kakak berhasil menjadi perdana menteri.

Dijatuhkan.

Jadi perdana menteri lagi.

Dijatuhkan lagi.

Lalu jadi perdana menteri lagi.

Masih dijatuhkan lagi. Bahkan, kali itu, sampai masuk tahanan tanpa fasilitas khusus.

Pertama jadi perdana menteri, di umur 40 tahun, Nawaz mengganti ideologi nasionalis klan Bhutto ke ekonomi liberal.

Privatisasi dilakukan.

Bisnis penukaran uang asing dibuka, infrastruktur dibangun dan ekonomi dikibarkan.

Tapi koalisinya pecah. Terjadi krisis politik. Militer campur tangan lagi.

Nawaz mengatasi krisis dengan membubarkan parlemen. Gagal. Kompromi terjadi: Nawaz setuju mundur, tapi Presiden juga harus mundur dan militer tidak boleh lagi aktif di politik.

Pemilu berikutnya Nawaz jadi perdana menteri lagi. 

Kejatuhan Nawaz yang kedua lantaran dikudeta oleh militer: Jenderal Musharaf. Itu karena ia ingin mengganti panglima militer di sana. Militer ia anggap masih berpolitik. 

Waktu itu Nawaz masih muda. Kaya. Pernah jadi Gubernur Punjab. Ia justru memerintahkan polisi untuk menangkap Jenderal Mushafar. Tentu Nawaz gagal. Bahkan diancam dijatuhi hukuman mati.

Hanya Raja Arab Saudi –yang punya banyak bisnis-- yang menyelamatkannya. Nawaz diungsikan ke Saudi. Sembunyi di sana: 10 tahun. Ia berjanji tidak akan berpolitik selama 21 tahun.

Setelah pulang Nawaz ikut Pemilu lagi. Menang. Jadi perdana menteri kali ketiga. Yang dijatuhkan oleh tuduhan korupsi itu. 

Sang Adik, Shehbaz, jadi pemimpin politik juga. Di tingkat provinsi: Punjab. Itu provinsi terpenting di Pakistan –secara ekonomi dan sumber daya manusia.

Pakistan adalah Punjab. Punjab adalah Pakistan.

Lohore dan Rawal Pindi ada di Punjab. Ibu Kota Negara yang baru, Islamabad, ada di Punjab.

Puncak jabatan Sang Adik adalah gubernur ''Pakistan Kecil'' itu: Punjab. Dua periode. Dan sekarang giliran Sang Adik yang menjadi perdana menteri.

Imran Khan dari suku Pashtun.

Shehbaz dan Nawaz suku Punjabi.

Imran Khan berangkat dari popularitasnya sebagai atlet olahraga kriket dalam tim juara dunia.

S & N berangkat dari bisnis kelas konglomerat.

Imran mengibarkan bendera 'perubahan'.

S & N memperjuangkan pembangunan ekonomi.

"Perubahan tidak bisa dilakukan hanya dengan kata-kata". Itulah kalimat yang diucapkan Shehbaz dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri baru. Arahnya jelas: menyindir Imran yang baru saja ia gantikan.

Imran memang masuk ke politik dengan mengusung tema perubahan –nebeng popularitas sukses motto Barack Obama di Amerika. 

Jalan tol Pakistan dibangun di zaman Sharif Sang Kakak. Jalan itu membelah Pakistan dari Selatan (Karachi) ke Utara (Islamabad). 

Poros Pakistan-Tiongkok didirikan di era Sharif Sang Kakak. "Nawaz memang hebat. Saya pendukungnya," ujar sopir yang membawa saya melewati jalan tol itu sebelum pandemi. 

Pun, pelabuhan gajah-bengkak di Gwardar –di pantai selatan Balochistan– diserahkan ke Tiongkok di zaman Nawaz.

Hari pertama sebagai perdana menteri Shehbaz Sang Adik menaikkan upah minimum pekerja. Itu berlaku mundur: sejak 1 April lalu. Ia juga menaikkan gaji pegawai negeri, tentara dan pensiunan. Tarif listrik pun akan diperbaiki –terutama bagi yang miskin. 

Menaikkan gaji adalah langkah konkretnya mengatasi kenaikan harga-harga di banyak bidang: menaikkan daya beli.

Shehbaz juga akan memperbaiki iklim investasi –tapi perusahaan harus memperbaiki gaji buruh. "Pakistan harus jadi surga investasi," katanya.

Terpilihnya perdana menteri baru ini disambut antusias oleh pengikutnya. Mata uang Pakistan, Rupee, ikut menguat. Amerika pasti senang –terkait soal Afghanistan. Tiongkok juga senang –terkait soal bisnis. 

Tapi Imran juga punya banyak pengikut. Mereka demo di mana-mana. Setelah salat isya. Dalam jumlah besar.

Tapi –untuk sementara– Imran memang kalah. Lapangan politik ternyata beda dengan lapangan kriket. Juara dunia kriket ini kalah 0-5 di pertandingan politik di Pakistan. 

Saya sebut kalah 0-5 karena ia dan semua anggota DPR-nya meninggalkan lapangan sebelum pertandingan dimulai.

Tanpa WO itu pun ia sudah kalah 0-5.

Upayanya membubarkan parlemen gagal: 0-1. Mahkamah Agung justru memulihkan status parlemen setelah Presiden Pakistan membubarkannya.

Upayanya menggunakan taktik filibuster (lihat Disway: Taktik Filibuster) juga gagal: 0-2.

Upaya mempertahankan posisi ketua sidang pun gagal: 0-3. Sebagian anggota DPR dari partainya membelot ke S & N sehingga Imran kehilangan mayoritas.

Upayanya menjadikan ketua DPR sebagai calon perdana menteri baru juga gagal: 0-4.

Dan upayanya untuk memboikot DPR juga gagal: 0-5. Justru sikap WO-nya itu membuat Shehbaz menjadi calon tunggal.

Maka pimpinan sidang yang baru, Ayaz Sadiq, dari SN & Co, langsung mengambil alih pimpinan. Yakni setelah seluruh anggota DPR dari partai PTI-nya Imran meninggalkan DPR. Termasuk Ketua DPR yang memimpin sidang: Shah Mahmood Qureshi. Padahal Qureshi ini sudah telanjur memasukkan dokumen pendaftaran calon perdana menteri dari PTI.

Mereka tidak hanya WO. Mereka menyatakan berhenti sebagai anggota DPR. Mereka ngambek total. Mereka menyatakan "tidak mau jadi boneka asing".

Imran selalu mengatakan mosi tidak percaya pada dirinya itu hasil dari lobi politik Amerika. 

Pimpinan sidang yang baru, dari partai oposisi, langsung ambil palu. Ia membuka acara dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran.

Lalu minta petugas lonceng membunyikan loncengnya selama lima menit. Itu pertanda semua anggota DPR harus memasuki ruang sidang.

Sampai bunyi lonceng berhenti kursi-kursi dari partai pemerintah masih tetap kosong. Pimpinan sidang pun memulai acara pemungutan suara.

"Anggota yang menyetujui mosi-tidak-percaya, silakan ke lobi kiri untuk menentukan pilihan di situ," ujar pimpinan sidang sambil menunjukkan jari ke arah ruangan di kiri ruang sidang pleno.

"Yang tidak setuju mosi silakan ke lobi kanan menentukan pilihan di sana," tambahnya kepada kursi-kursi kosong.

Lembar suara pun dihitung: 174:0.

Lebih separo anggota DPR menyetujui: tidak memercayai lagi Perdana Menteri Imran Khan.

Detik itu kekuasaan Imran Khan berakhir. 

Maka acara berikutnya tinggal satu: pemilihan perdana menteri baru. Tidak sulit. Calonnya tunggal: Shehbaz Sharif. Partai yang dahulu menjadi pesaing abadinya, PPP, kali ini tidak mengajukan calon –pilih bersama lawan lama melengserkan lawan baru.

Sharif Sang Kakak pernah tiga kali jadi perdana menteri. Kini Sharif Sang Adik kali pertama jadi perdana menteri. Dua-duanya dalam status tersangka.

Betapa gembira Sang Kakak –apalagi kalau Sang Adik bisa menyelesaikan urusan perkara korupsinya.

Bagi pimpinan sidang yang baru, mana Sang Kakak dan mana Sang Adik kelihatannya tidak penting. Ia sempat salah menyebut nama Shehbaz menjadi Nawaz.

"Saya ini masih begitu cinta pada Nawaz –shohib, sampai masih terus terbiasa menyebut namanya," ujar pimpinan sidang.

Kenaikan harga-harga telah membuat kakak-adik S & N ini kembali berkuasa. Maryam nan cantik antre di belakang mereka. Dia juga cerdas dan sangat pandai berpidato. 

Kini Imran harus kembali masuk galadesa –harus road show dari bawah lagi tanpa tahu kapan Pemilu baru akan dilaksanakan.

Awalnya Imran mengira krisis politik ini akan ditutup dengan penyelesaian politik: Pemilu dalam waktu 90 hari ke depan.

Harapan itu ternyata meleset. Status DPR ternyata dipulihkan sehingga tidak harus segera Pemilu.

Shehbaz sendiri punya taktik baru. Ia akan menghilangkan kesan hanya sebagai perdana menterinya orang Punjab.

"Pakistan ini tidak hanya Punjab. Saya akan bangun provinsi seperti Balochistan," katanya. 

Balochistan, basis pendukung Imran, memang miskin. "Saya akan galakkan pendidikan keterampilan untuk anak-anak muda di Balochistan. Jangan hanya memberi mereka senjata api" katanya.

Itu sekaligus menyindir Imran yang awalnya mendapat dukungan besar dari Balochistan. Di provinsi yang suku Pashtunnya sangat besar ini, begitu sering terjadi ledakan bom. Dan serangan senjata api. Dan pembunuhan akibat keyakinan. Provinsi dekat Afghanistan ini begitu miskinnya.

Tragisnya, para pembelot politik yang melengserkan Imran kali ini justru datang dari para anggota DPR dari Balochistan. Koalisi Imran dengan partai lokal di sana pecah. 

Maka Putin di Rusia telah berhasil menjatuhkan Imran di Pakistan –lewat serangannya ke Ukraina.

Kini koalisi oposisi di Pakistan – utamanya PML-N dan PPP– telah naik takhta. Kedua partai masih dalam suasana asyik bulan madu. Pembagian kekuasaan baru akan dimulai -siapa menjadi menteri apa dan siapa dapat apa.

Belajar dari Pilkada di Indonesia, bulan madu Gub dan Wagub, Bup dan Wabup, Walkot dan Wawali umumnya hanya enam bulan.

Di banyak daerah, seperti di daerah penghasil minyak baru Bojonegoro, bahkan, tidak sampai satu bulan. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul Rumah Semeru

DeniK
Pihak perusahaan swasta paling banyak ikut partisipasi dalam membangun rumah tsb . walaupun tdk disebut tapi nyata hasilnya.

Teguh Wibowo
Vespa tua itu suaranya klasik.. Droong.. dong.. dong.. dong.. Droong.. dong.. dong.. dong.. dorong dong.. dorong dong.. dong.. dong.. dorong dong..

Leong putu
Mengendarai kendaraan tua, banyak nilai plusnya.

Gito Gati
Setahu saya, vespa tua boros bahan bakar. Gak tahu kalau bulan puasa. Karena vespa tua pakai bahan bakar bensin campur. Campur dorong maksudnya. Apakah bulan puasa masih sanggup dorong vespa?

JIM vsp
Di kandang Banteng Cak Nun mengatakan, Presiden saat ini belum Tepat, dan Mbak Puan pun tersenyum, Entah apa arti senyuman itu, hanya Bung Aat yang tahu. Konstitusi harga mati, Hidup Mahasiswa Mahasiwi!! Bung Ade Armando meringis menahan Pilu, terbaring di RSU, menjadi tumbal siang itu. Naik Land Rover ke Semeru mesinnya menderu-deru, Ayo Dulur Bangkit Bersatu, Demi Indonesia Maju. 

Otong Sutisna
Lahar gunung tidak disukai karena efek nya merusak daerah sekitar, tapi ada lahar yang anda sudah tau begitu disukai....apalagi sudah ditahan lama-lama dan begitu meletus membuat keduanya lega...ga...puas..as...

Iqbal Safirul Barqi
Ampuuun Diswaaay, mau komen susah amat. Saya memang jarang komentar namun sekali-sekali pengen juga. Sebenarnya sy tidak ingin komen tulisan sekarang, tapi mau komen kemarin, saya sudah lupa mau komen apa. Mau cerita pengalaman komen saja. Pertama, saya biasa buka dari mobile chrome lewat ponsel, tidak bisa login walau sudah memilih email. Kedua, sekarang ini sy pakai laptop, biasa buka pakai browser Microsoft Edge, tapi tidak bisa login. Ketiga, akhirnya saya buka pakai browser chrome, baru bisa login. Apakah teman2 pembaca disway yang lain juga memikili pengalaan yang sama? 

Aji Muhammad Yusuf
Pak AAT masih bersembunyi saja. Jangan2 dia beli goto atau justru sedang bersyair merenungi nasib percintaannya dengan bahasa arab ; Wa'tif qulubal 'alamina biasrihim dst wkwkwk

Agus Suryono
Wah wah wah.. Saya berjuang keras untuk bisa menyampaikan komen hari ini. Di judul ini. Judul yang benar.. Sepuluh kali nyasar ke judul Planetarium Walisongo.. Tentang HUNTARA SEMERU ini.. Saya pingin bilang, pak Bupati hebat.. 1). Empat ratus rumah.. 2). Komplit sampai ke dapur-dapurnya 3). Susunan rumah persis di rumah lama 4). Selesai sebelum lebaran Meskipun semua dibangun dengan APBD dan atau ditambah dana sumbangan para donator alias pahalawan/pahalawati, tapi tetap pak Bupati lah pemegang posisi kunci.. Satu lagi kehebatan pak Bupati adalah beliau berteman dan berhubungsn dengan pak DI. (Kata-kata ini bukan saya maksudkan untuk mengkultuskan pak DiI). Tetapi karena pak DI punya dokumentasi tentang banyak bupati berprestasi. Yang bisa dipakai sebagai referensi.. ++ Ide pak Bupati.m Hadiah dan hiburan terhebat bagi para mantan pengungsi. Di hari raya Idul Fitri tahun ini..

Gito Gati
Daerah timur jawa timur mulai muncul pemimpin2 yang benar2 ngemong rakyatnya. Ada pak azwar anas banyuwangi sekarang ada cak thoriq. Daerah barat jawa timur belum ada nama2 yang menonjol

Leong putu
Rumah, bersyukur kami telah punya. Walau kecil. Dan penuh perjuangan untuk memilikinya. Bergembiralah jika rumah Anda besar dan megah. Bersyukur dan bersukacitalah jika rumah Anda saat ini masih minimalis. Sebab bukan besar atau kecilnya rumah yang membuat bahagia, namun adakah cinta di dalamnya. Adakah suami atau ayah yang baik di sana ? Seorang kepala keluarga yang bertanggung jawab. Adakah istri yang setia di situ ? Adakah anak anak yang hormat orang tua di dalamnya ? Adakah keluarga yang rukun sebagai penghuninya ? Jika itu semua ada, entah besar rumah Anda atau minimalis, pasti Anda akan bahagia. Sebagai laki laki, punya rumah itu penting. Namun buat apa punya rumah jika belum laku laku, alias jomlo forever. Wkwkwkwk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 240

  • Multi Suk
    Multi Suk
  • Dwi Bianto
    Dwi Bianto
  • Arala Ziko
    Arala Ziko
  • Anton Winarto
    Anton Winarto
  • Leong putu
    Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
  • Mister Xi
    Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
  • Mas Abazh
    Mas Abazh
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • PIAUD Fak. Tarbiyah dan Keguruan
    PIAUD Fak. Tarbiyah dan Keguruan
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Anto Jr
    Anto Jr
  • Leong putu
    Leong putu
  • abdul karim
    abdul karim
    • abdul karim
      abdul karim
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong putu
      Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Mister Xi
    Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Dodik Wiratmojo
    Dodik Wiratmojo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Leong putu
    Leong putu
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Leong putu
      Leong putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong putu
      Leong putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong putu
      Leong putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • I WAN I WAN
      I WAN I WAN
    • Leong putu
      Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • Gito Gati
      Gito Gati
    • Leong putu
      Leong putu
  • Umi Hilal 2
    Umi Hilal 2
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Mister Xi
    Mister Xi
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Resto Suruh
    Resto Suruh
  • Antonio Samaran
    Antonio Samaran
    • Liam Then
      Liam Then
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • Umi Hilal 2
    Umi Hilal 2
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Raimu Asu
      Raimu Asu
    • achmat rijani
      achmat rijani
    • Mister Xi
      Mister Xi
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • achmat rijani
      achmat rijani
    • Leong putu
      Leong putu
  • Raimu Asu
    Raimu Asu
    • Raimu Asu
      Raimu Asu
  • Umi Hilal 2
    Umi Hilal 2
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • I WAN I WAN
      I WAN I WAN
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • Marcell M
    Marcell M
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • alasroban
    alasroban
  • JIM vsp
    JIM vsp
    • Mister Xi
      Mister Xi
  • doni wj
    doni wj
  • doni wj
    doni wj
  • doni wj
    doni wj
  • doni wj
    doni wj
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • Yea Gogel
    Yea Gogel
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Umi Hilal 2
    Umi Hilal 2
    • Yea Gogel
      Yea Gogel
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • Yuppi Apriamin
    Yuppi Apriamin
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • ari widodo
    ari widodo
    • ari widodo
      ari widodo
  • Comunity MD
    Comunity MD
  • achmat rijani
    achmat rijani
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • achmat rijani
      achmat rijani
  • azid lim
    azid lim
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • Ane Wandi
    Ane Wandi
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
    • JIM vsp
      JIM vsp
    • achmat rijani
      achmat rijani
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • achmat rijani
      achmat rijani
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Gito Gati
    Gito Gati
  • Da Mix
    Da Mix
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • daeng romli
    daeng romli
  • pendatang baru
    pendatang baru
  • DeniK
    DeniK
  • dion noid
    dion noid
  • Andri Saputra
    Andri Saputra
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • munawir syadzali
    munawir syadzali
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
    • Andri Saputra
      Andri Saputra
  • Kurniawan Roziq
    Kurniawan Roziq
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • DeniK
      DeniK
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
  • gambit x-men
    gambit x-men
  • aunur rofiq
    aunur rofiq
  • yafni alris -husin
    yafni alris -husin
  • hadi sutrisno
    hadi sutrisno
  • Bernardinus Kunto
    Bernardinus Kunto
  • Winata PB
    Winata PB
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • Rizky Dwinanto
    Rizky Dwinanto
  • Aliifa Syifa
    Aliifa Syifa
    • Aliifa Syifa
      Aliifa Syifa
  • yoming ACHFuadi
    yoming ACHFuadi
  • Umi Hilal 2
    Umi Hilal 2
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • yulian murtadho
    yulian murtadho
  • agus budiyanto
    agus budiyanto
  • I WAN I WAN
    I WAN I WAN
    • Budi Mulyono Gunawan
      Budi Mulyono Gunawan
    • I WAN I WAN
      I WAN I WAN
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Aji Muhammad Yusuf
    Aji Muhammad Yusuf
  • arif lein
    arif lein
  • ahsan andi
    ahsan andi
  • Pakdhe joyo Kertomas
    Pakdhe joyo Kertomas
    • Pakdhe joyo Kertomas
      Pakdhe joyo Kertomas
  • yohan soenyoto
    yohan soenyoto
  • DeniK
    DeniK
  • Fra Wijaya
    Fra Wijaya
  • mulyadi mulyadi
    mulyadi mulyadi
  • ahmad Tajudin umar
    ahmad Tajudin umar
  • James Atlee
    James Atlee
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
  • Edi Sampana
    Edi Sampana
  • Mister Xi
    Mister Xi
  • dabaik kuy
    dabaik kuy
  • Haji Budiyono
    Haji Budiyono
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
  • Bill Tenda
    Bill Tenda
  • Sufyan Ramdhani
    Sufyan Ramdhani
    • Pakdhe joyo Kertomas
      Pakdhe joyo Kertomas
    • Anwarul Fajri
      Anwarul Fajri
    • Anwarul Fajri
      Anwarul Fajri
  • Dedi Juliadi
    Dedi Juliadi
  • Pidik Wahono
    Pidik Wahono
  • Zainal Putra
    Zainal Putra
  • achmat rijani
    achmat rijani
  • agus budiarto
    agus budiarto
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Suharno Maridi
    Suharno Maridi
  • Viesta viesta
    Viesta viesta
  • Yulianto Anfa
    Yulianto Anfa
  • DeniK
    DeniK
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • sugeng widodo
    sugeng widodo
  • Ani Setiawati
    Ani Setiawati
  • Ani Setiawati
    Ani Setiawati
  • yulian yulian
    yulian yulian
  • Pedro Patran
    Pedro Patran
  • Marianto Pkp
    Marianto Pkp
  • rid kc
    rid kc
  • Mundir Ansori Al Fauroni
    Mundir Ansori Al Fauroni
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • thamrindahlan
      thamrindahlan
    • Ane Wandi
      Ane Wandi
  • Fery Kurniawan
    Fery Kurniawan
  • urusan wajib
    urusan wajib
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • fais and family
    fais and family
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • sabar gjg
    sabar gjg
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Umi Hilal 2
    Umi Hilal 2
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • alasroban
    alasroban
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Umi Hilal 2
      Umi Hilal 2
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna