Menohok! Gus Miftah Kena Semprot Ulama Sumbar Buntut Pernyataan Agama Rendang: Perkaranya Bukan Perkara...

Menohok! Gus Miftah Kena Semprot Ulama Sumbar Buntut Pernyataan Agama Rendang: Perkaranya Bukan Perkara...

Ustaz Jul Fathullah tak terima masakan Padang dicederai dengan sesuatu yang diharamkan.-Tangkapan Layar/Tazkiyah Media-YouTube

JAKARTA, DISWAY.ID-- Buntut dari pernyataan Gus Miftah soal 'sejak kapan rendang punya agama', membuat salah satu ulama Sumatera Barat tak terima.

Ustaz Jel Fathulllah, salah satu dai kondang asal Padang, Sumatera Barat memberikan komentar tak setuju dari pernyataan Gus Miftah yang belakangan ramai diperbincangkan.

Pernyataan Ustaz Jel Fathullah ini seperti Disway.id kutip dari video YouTube berjudul; "GEMPAR!! ULAMA SUMBAR MURKA DENGAN PERNYATAAN RENDANG BABI PUNYA AGAMA Ustadz Jel Fathullah, Lc"

BACA JUGA:Indonesia Tagih Komitmen ASEAN Bangun Resiliensi Potensi Bencana

Pimpinan Badan Kerjasama Pondok Pesantre Indonesia (BKsPPI) wilayah Sumbar itu menyebut, persoalan rendang daging babi, bukan soal punya agama atau tidak.

Melainkan, kata ulama bergelar Licentiate lulusan Al Azhar - As Sharif, ini menyangkut kepada hak paten suatu daerah dari berita yang sempat viral sebelumnya.

Yakni rumah makan bernama 'Babiambo' yang mengatasnamakan 'Masakan Padang Non-Halal' di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara itu.

"Berarti otaknya jongkok, perkaranya bukan perkara rendang pakai agama.

BACA JUGA:Harga Minyak Goreng di Indomaret dan Alfamart 22 Juni 2022, Terendah Merek Amanda Rp 22,200 per Liter

"Perkaranya rendang yang dia tuju itu rendang Padang, dia memakai nama Babiambo yang efeknya menyangkut kepada hak paten suatu daerah," ujar Ustaz Jel Fathullah, Lc, saat ditanyai pendapat 'sejak kapan rendang punya agama'.

Ia melanjutkan, efek yang ditimbulkan dari persoalan rendang daging babi ini dapat mencoreng dan keyakinan masyarakat terhadap masakan Minang.

"Konotasinya sudah jelas, yang efeknya itu adalah mencederai efek keyakinan masyarakat," jelasnya.

Ia pun menilai bahwa pernyataan Gus Miftah soal 'sejak kapan rendang punya agama' disebut tak memahami kontekstual yang menyangkut kebudayaan dan keyakinan.

BACA JUGA:Puan Maharani Jadi Pusat Perhatian Gegara Asik Ngonten saat Jokowi dan Megawati Serius Ngobrol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: