Top! Mata Dunia Tertuju ke Jokowi, Hari Ini Bertemu Putin Sampaikan Pesan Damai Ukraina

Top! Mata Dunia Tertuju ke Jokowi, Hari Ini Bertemu Putin Sampaikan Pesan Damai Ukraina

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan terbatas kembali menuju Polandia menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Przemysl Glowny. -Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-Disway.id

KYIV, DISWAY.ID - Perjalanan luar biasa yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina menjadi sorotan dunia. Apalagi dengan misi membawa perdamaian.

Media asing ramai memberitakan langkah diplomasi yang dilakukan mantan Wali Kota Solo itu. Lihat saja pemberitaan yang disajikan The Straits Times, surat kabar berbahasa Inggris yang berbasis di Singapura sejak awal terus mencermati upaya Presiden Indonesia itu.

Pertama kali The Straits Times memberi judul artikelnya "Indonesian President Joko Widodo to visit Ukraine and Russia amid ongoing war" yang diterbitkan pada Rabu 22 Juni 2022.

BACA JUGA:Ini Pesan Zelenskyy yang Dititipkan ke Jokowi untuk Putin

Dalam artikel tersebut The Straits Times mengungkap bahwa Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang bertolak ke Ukraina dan Rusia sejak perang dimulai pada Februari.

The Straits Times membeberkan sejumlah fakta perjalanan yang ditempuh dari pernyataan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi sampai pengamanan yang dilakukan Paspamres.

Retno dalam pemberitaan tersebut menggambarkan kunjungan yang dilakukan Presiden Jokowi ini dalam situasi yang tidak normal. Jokowi kemudian dikenalkan sebagai Ketua G-20 saat ini dan anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group yang dibentuk oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Aksi Presiden Jokowi yang bakal menjadi pemimpin Asia pertama yang pergi ke Ukraina dan Rusia sejak invasi dimulai pada 24 Februasi 2022 juga diberitakan oleh situs Bloomberg pada Rabu 29 Juni 2022.

BACA JUGA:Jokowi Pakai Jaket Biru Anti Peluru, Inilah Pernyataannya Saat Tiba di Kota Irpin Ukraina

Dalam artikel berjudul "Jokowi to Visit Ukraine, Russia to Discuss Food Crisis", media yang bermarkas di Midtown Manhattan, New York City itu menyebut Presiden Jokowi akan menuju Kyiv dan Moskwa untuk mendorong perdamaian.

Jokowi pun akan membahas krisis pangan global akibat invasi Rusia ke Ukraina bersama Putin hari ini. Kunjungan Jokowi ke kedua negara dilakukan setelah dia menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-28 Juni.

Bloomberg juga mengutip pernyataan Menlu RI Retno Marsudi yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, daripada memilih diam.

Perjalanan ke Moskow

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: