Jokowi Pakai Jaket Biru Anti Peluru, Inilah Pernyataannya Saat Tiba di Kota Irpin Ukraina

Jokowi Pakai Jaket Biru Anti Peluru, Inilah Pernyataannya Saat Tiba di Kota Irpin Ukraina

Mengenakan jaket biru, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi memberikan keterangan usai melihat dari dekat Kota Irpin, Ukraina yang hancur akibat invasi Rusia, Rabu 29 Juni 2022. -Tangkapan Layar/Youtube/Setpres -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengakhiri blusukannya di Kota Irpin. Kota yang luluh-lantak akibat invasi Rusia yang kini lengang seperti kota mati.


Jokowi Datangi Apartemen Lipky Ukraina yang Hancur Imbas Peperangan--Twitter/@jokowi

Jarak Kota Irpin dengan Kyiv ibu kota Ukraina, hanya 26,4 Km atau 35 menit jika dilalui dengan kendaraan roda empat. Kota yang dulunya menjadi pusat bisnis dan pendidikan.  

Presiden Jokowi pun memberikan pernyataan pertamanya usai melihat langsung kondisi Kota Irpin yang hancur terdampak perang.        

”Menyedihkan sekali, rumah warga dan infrastruktur hancur. Saya barusan ditemani Wali Kota Irpin dan deputi wali kotanya melihat langsung kondisinya. Kita harapkan ini tidak terjadi di kota-kota lain di Ukraina,” jelas Presiden Jokowi dalam video yang diunggah Setpres, Rabu 29 Juni 2022.

BACA JUGA:Presiden Zelensky Ketakutan sampai Rilis Vidio Serangan Rudal Rusia, Jokowi Malah Blusukan ke Kota Irpin  

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dengan latar belakang gedung bertingkat yang hancur. Pengawalan super ketat pun terlihat di sekitar Jokowi dan ibu negara.

Yang tak kalah menarik dari misi perdamaian yang dibawa ke Ukraina itu, soal jaket berwaran biru yang dikenakan Jokowi bersama istri. 

Keduanya kompak mengenakan jaket berwarna biru. Benarkan jaket ini anti peluru? Sehingganya keduanya harus mengenakan jaket dengan model dan warna yang sama. 

Yang pasti untuk pengamanan, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo menyebut, pihaknya menyiapkan helm, rompi, hingga senjata laras panjang untuk mendukung misi perdamaian Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Memulai Misi Perdamaian untuk Ukraina dan Rusia 

Pihak Ukraina, sambung Tri Budi Utomo telah memberikan keleluasaan kepada Paspampres untuk membawa perlengkapan yang diperlukan.

Pastinya Paspampres telah menyiapkan sejumlah perlengkapan dalam rangka rencana pengamanan perjalanan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia. 

”Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm, rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kesiagaan di sana kita juga sudah siapkan semuanya,” ujar Tri, sayang dirinya tidak memberikan jawaban dengan jaket yang dikenakan Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: