Presiden Zelensky Ketakutan sampai Rilis Vidio Serangan Rudal Rusia, Jokowi Malah Blusukan ke Kota Irpin

Presiden Zelensky Ketakutan sampai Rilis Vidio Serangan Rudal Rusia, Jokowi Malah Blusukan ke Kota Irpin

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana meninjau puing-puing di kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, pada Rabu, 29 Juni 2022. -Foto: Setpres/Laily Rachev-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID – Mental Presiden Joko Widodo patut diacungi jempol. Ketika serbuan rudal Rusia menghajar kawasan padat penduduk di Kremenchuk, Ukraina, orang nomor satu di Indonesia itu malah blusukan ke kawasan perang yang sudah memasuki hari ke-126.

Presiden Jokowi dengan santai melihat-lihat kawasan Kota Irpin yang jaraknya sekitar 350 Km atau 5 jam perjalanan dari Kota Kremenchuk yang kini penduduknya dilanda ketakutan akan munculnya serangan kembali rudal Rusia.

Kondisi berbeda dialami, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang kian gusar, dengan serangan rudal Rusia yang telah menghantam sebuah mal di Kota Kremenchuk. Serangan terjadi sebanyak 3 kali.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Ke Ukraina 8 Rudal Rusia Kh-22 Hantam Kota Mykolaiv 

Bahkan Zelensky telah mengeluarkan statmen yang menunjukan keganasan invasi Rusia sebagai kejahatan kemanusian setelah menyerang kawasan penduduk.    

“Hari ini saya ingin mengakhiri pidato ini dengan satu bukti (kejahatan Rusia, red), sehingga tidak ada yang berani berbohong tentang serangan rudal di mal di Kremenchuk,” ujar Zelensky, Rabu 29 Juni 2022. 

Zelensky menuding Rusia dengan sengaja menyerang mal tersebut atas perintah Putin yang dampaknya menimbulkan korban dan fasilitas umum tak lagi berfungsi. Ukraina mengklaim serangan rudal Rusia itu menewaskan 18 orang tewas.

BACA JUGA:Pesawat GIA-1 Boeing 777 Jokowi Berputar 360 Derajat di Turki, Pengamat Hingga Istana Angkat Bicara, Kenapa?

Presiden Jokowi mengawali agendanya di Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022 bersama Ibu Iriana. Ia meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina di tengah serangan Rusia di Kawasan Kremenchuk.

Presiden dan Ibu Iriana didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin saat melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

”Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi usai peninjauan.


Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina dengan pengawalan ketat. -Sekretariat Presiden-Twitter--

Presiden berharap agar perang bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang. ”Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: