Mengenal Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Baru Ukraina dari Kalangan Muslim

Mengenal Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Baru Ukraina dari Kalangan Muslim

Menteri Peratahanan Ukraina, Rustem Umerov-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky resmi mengangkat menteri pertahanan baru yang berasal dari kalangan Islam yakni, Rustem Umerov.

Rustem Umerov menggantikan Menteri Pertahanan sebelumnya, Oleksii Reznikov yang dipecat oleh Zelensky di tengah perang dengan Rusia. 

"Saya telah memutuskan untuk mengganti menteri pertahanan Ukraina. Oleksii Reznikov telah melalui perang skala penuh selama lebih dari 550 hari,” kata Zelensky dilandir dari CNN, Selasa, 5 September 2023.

"Presiden mencalonkan Rustem Umerov, mantan wakil rakyat Ukraina, untuk menjadi menteri pertahanan baru. Verkhovna Rada (badan legislatif) Ukraina mengenal orang ini dengan baik, dan Tuan Umerov tidak memerlukan perkenalan tambahan apa pun,” sambungnya.

BACA JUGA:Kronologi Bentrok Berdarah Dua Perguruan Silat Indonesia di Taiwan, Satu Orang Tewas Ditusuk!

"Saya berharap parlemen mendukung kandidat ini,” lanjutnya.

Umerov adalah seorang Muslim yang saat ini menjabat sebagai ketua Dana Milik Negara. Misinya adalah menarik investasi ke Ukraina, dan terlibat erat dalam pertukaran tawanan perang.

Ia juga menjabat sebagai negosiator senior di Black Sea Grain Initiative. Lebih dari sekali Umerov menyatakan skeptis bahwa Rusia akan mematuhi kesepakatan tersebut. Rusia telah meninggalkan skema tersebut.

Penunjukannya terjadi pada saat yang kritis bagi serangan balik Ukraina di selatan, dan ketika hubungan Ukraina dengan sekutu dan donor memasuki fase baru. 

BACA JUGA:Sempat Tidak Hadir, Bareskrim Periksa Rocky Gerung Hari Ini

Sebelumnya, Zelensky memecat sejumlah pejabat senior pada awal tahun ini karena skandal terkait pengadaan pasokan masa perang; wakil menteri pertahanan mengundurkan diri setelah menghadapi tuduhan korupsi; kemudian pada bulan Agustus, Zelensky memberhentikan semua pejabat yang bertanggung jawab atas pusat perekrutan militer regional, dengan alasan banyaknya proses pidana yang sedang berlangsung.

Meskipun Reznikov tidak terlibat dalam skandal-skandal ini, skandal-skandal tersebut masih dianggap merugikan dirinya. 

Dan pada hari Sabtu, salah satu oligarki terkuat di Ukraina dan pendukung utama Zelensky, Ihor Kolomoisky, ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan penipuan.

Reznikov, yang diperkirakan akan menjadi duta besar Ukraina untuk London. Ia mengatakan melihat salah satu prioritas Kyiv adalah membangun kemitraan jangka panjang dengan sekutu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: