Wanita Wajib Baca! 4 Tips Demi Bebas Financial dari FWD Insurance

Wanita Wajib Baca! 4 Tips Demi Bebas Financial dari FWD Insurance

FWD Insurance ingin berbagi 4 tips penting demi mewujudkan cita-cita kebebasan finansial-ilustrasi-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Bagi perempuan yang bercita-cita untuk menjadi ibu rumah tangga atau profesional sukses, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) ingin berbagi 4 tips penting demi mewujudkan cita-cita kebebasan finansial tersebut.

1. Sisihkan Pendapatan, Bukan Sisa.

Pada umumnya kebanyakan orang menabung dari sisa pendapatan setelah digunakan untuk biaya hidup.

Hal ini lah yang membuat banyak orang kesulitan untuk bisa menabung dengan konsisten, karena seringkali tidak terdapat sisa dari pendapatan yang dihasilkan.

Oleh karena itu perempuan modern dapat menghindari kebiasaan ini dengan melakukan penyisihan pendapatan di awal.

Langsung buat target besaran uang yang wajib disimpankan dari penghasilan rutinmudan pisahkan dari besaran yang perlu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Untuk mempermudah, sebaiknya kita memiliki 2 rekening tabungan yang berbeda. Satu rekening digunakan untuk menerima pendapatan dan untuk transaksi pengeluaran, sedangkan satu rekening lainnya dipergunakan khusus untuk menabung atau berinvestasi.

Setidaknya, sisihkan sebesar minimal 10% setiap bulannya. Jika kamu bisa melakukan ini secara rutin dan konsisten, bisa dipastikan kamu sudah selangkah menuju impian kebebasan finansial.

BACA JUGA:Catat! Syarat Capres dan Cawapres 2024: Pendidikan Minimal SMA hingga Bukan Eks Anggota PKI

2. Susun Anggaran dan Prioritas Pengeluaran. 

Buatlah anggaran keuangan pribadi dan tentukan prioritas pengeluaran setiap bulannya. Hal ini menjadi penting untuk memastikan pengeluaran setiap bulannya tidak lebih besar dari sisa pendapatan. 

Sering kali terjadi ketika sudah berhasil menyisihkan pendapatan, tetapi jumlah tabungan yang dimiliki tidak pernah bertambah, karena akhirnya terpakai juga untuk pengeluaran bulanan.

Alokasikan pendapatan untuk merawat diri dan penampilan, dengan menganggarkan sekitar 5 sampai 10%. Pastikan pengeluaran ini sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

3. Lakukan Pencatatan Keuangan. 

Sumber: