Simak, Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha 1443 H

Simak, Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Jelang Idul Adha 1443 H

Ilustrasi/Berdoa--Pixabay

BACA JUGA:Mengenal Haji Furoda, Hajinya Para 'Sultan', Biaya Capai Rp 300 Juta

Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma ghadin 'an adā'i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta'ālā.

Artinya:

"Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT."

Niat Puasa Arafah jelang IdulAdha 2022

Puasa Arafah merupakan salah satu dari tiga puasa sunah jelang Iduladha, selain puasa Dzulhijjah dan Tarwiyah. Ketiga puasa ini dilakukan selama 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, sebagai hari yang istimewa.

Umat Muslim sendiri sangat dianjurkan melakukan ibadah puasa Arafah. Puasa ini memiliki ketetapan hukum sunah muakkad, yang berarti 'mendekati wajib'.

Sama seperti ibadah puasa sunah lainnya, puasa Arafah juga memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya adalah menghapus dua selama dua tahun yang lalu dan akan datang.

Keutamaan ini tercantum dalam Hadis Riwayat (HR) Muslim, yang berbunyi:

"Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura [tanggal 10 Muharam] menghapus dosa setahun yang lalu."

Imam Nawawi menyebut dalam kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, berpuasa pada tanggal 1-9 Dzulhijjah merupakan amalan yang utama, termasuk puasa Arafah.

"Bahkan sangat disunahkan untuk berpuasa di hari-hari ini. Karena puasa termasuk amalan yang paling utama," kata Imam Nawawi.

Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang sangat dianjurkan untuk diamalkan. 

Selain pengampunan dosa, hari Arafah juga dikenal sebagai pembebasan dari siksa neraka. Allah juga menjanjikan pahala yang yang besar bagi tiap hamba yang mengamalkan puasa Arafah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: