Ingat, Mobil Kelas LCGC Wajib Pakai Pertamax, Nih Penjelasannya

Ingat, Mobil Kelas LCGC Wajib Pakai Pertamax, Nih Penjelasannya

Mobil bermesin kelas harga terjangkau dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) dipastikan wajib menggunakan bahan bakar minyak (BBBM) minimal Pertamax RON 92.-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mobil bermesin kelas harga terjangkau dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) dipastikan wajib menggunakan bahan bakar minyak (BBBM) minimal Pertamax RON 92.

Di segmen LCGC ini ada Toyota Agya-Calya, Daihatsu Ayla-Sigra, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun.

Alasan mobil kelas LCGC wajib menggunakan BBM Pertamax, karena ini terikat dengan peraturan terkait LCGC. Untuk diingat,LCGC bukan produk yang didesain menggunakan BBM jenis Pertalite.

Sejak awal diluncurkan, LCGC direkomendasi memakai BBM minimal RON92 atau jenis Pertamax.

BACA JUGA:Segini Harga BBM dan Elpiji Sebenarnya Jika Tak Disubsidi Pemerintah, Mahal Bangat!

Hal itu sudah tertuang dalam regulasi di antaranya adalah kapasitas mesin yang berkisar antara 980-1.200cc untuk mengejar efisiensi 20 kilometer per liter.

Ketentuan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (PPKB). 

Aturan soal BBM minimal untuk LCGC bermesin bensin tertulis pada Pasal 2 ayat 2a.

Sedangkan aturan tentang penggunaan minimal bahan bakar minyak RON 92 juga tertulis dalam Peraturan Direktur Jendral Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi No. 25/IUBTT/PER/7/2013tentang Petunjuk Teknis PPKB.

Ini wajib dipenuhi produsen LCGC agar mendapat fasilitas keringanan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah. Pemilik LCGC yang kedapatan menggunakan BBM di bawah RON 92 akan dikenakan sanksi garansi mesin hangus.

Penggunaan Pertamax RON 92 ini merupakan alasan teknis karena berkaitan dengan rasio kompresi mesin.

Contoh pabrikan otomotif Jepang, Toyota. Pabrikan mengklaim Agya telah mengantongi rasio kompresi di atas 10;1, dan membutuhkan bensin dengan RON 92.

Pemanfaatan BBM sesuai rekomendasi pabrikan bertujuan untuk kesempurnaan proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin.

BACA JUGA:Formula1 Austria: Max Verstappen Rebut Pole Position, Lewis Hamilton Kecelakaan dan Sergio Perez Kena Pinalti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: