Ini Daftar Lengkap Pangkat Polisi dari Prajurit Hingga Pimpinan Tertinggi

Ini Daftar Lengkap Pangkat Polisi dari Prajurit Hingga Pimpinan Tertinggi

Pengamat menyatakan kasus polisi peras polisi adalah hal lumrah, sudah menjadi rahasia umum yang tak kunjung tuntas. -Ilustrasi-Polisi.com

JAKARTA, DISWAY.ID-Ramai kabar tentang Polisi Republik Indonesia (POLRI) yang berseliweran dengan nama berikut pangkatnya. Agar tidak keliru memahami, berikut adalah informasi tentang daftar pangkat polisi mulai dari terbawah hingga pangkat teratas.

Daftar pangkat polisi ada bermacam-macam, mulai dari pangkat terendah alias prajurit hingga pangkat tertinggi alias pimpinan. 

Berikut daftar pangkat polisi mulai dari pangkat prajurit hingga pimpinan;

BACA JUGA:Kemarau Basah, BMKG Jelaskan Fenomena Musim Panas tapi Masih Terjadi Hujan

1. Pangkat Polisi Tantama

Dalam posisi pangkat Tantama Polisi dituntut untuk menjadi prajurit yang paling siap atas perintah atasan. Memiliki loyalitas tinggi, profesionalisme, terampir dan mahir menjadikan Tantama sebagai pelaksana tugas yang paling ulet, jujur dan pantang menyerah.

Di negara lain, polisi di tingkat tantama di sebut juga private. Pangkat Tantama POLRI yaitu golongan pangkat di kepolisian yang terendah. 

Jabatan yang termasuk golongan pangkat Tantama POLRI terdiri dari Bhayangkara Dua (Bharada), Bhayangkara Satu (Bharatu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) dan terakhir Ajun Brigadir Polisi (Abrip). 

  • Bharada (Bhayangkara Dua)

Dulunya pangkat ini namanya hampir sama dengan pangkat Militer yaitu Prajurit Dua. Sebagai pembeda dan untuk mempertegas identitas kemudian namanya diganti menjadi Bhayangkara Dua atau sering di sebut Bharada.

Bharada sering berperan sebagai pendamai berbagai penyebab konflik agama, penyebab konflik antar suku yang sering terjadi dalam masyarakat.

  • Bharatu (Bhayangkara Satu)

Setelah pangkat Bharada kemudian ada pangkat yang sedikit lebih tinggi di atasnya yaitu Bhayangkara Satu (Bharatu). 

Nama ini juga sudah mengalami perubahan, sebelum tahun 2001 namanya masih Prajurit Satu. Nama tersebut sama di tingkat kemiliteran Indonesia termasuk dalam militer terkuat di Asia Tenggara.

  • Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Setelah pangkat Bhayangkara Kepala (Bharaka), ada pangkat di atasnya lagi yang lebih tinggi yaitu Bhayangkara Satu atau disingkat Bharatu. 

Pangkat Bharaka dilambangkan dengan tanda tiga garis miring berwarna merah. Dulunya nama pangkat ini masih Prajurit Kepala atau disingkat Praka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: thegorbasla