Transjakarta Bersama MAB Luncurkan Bus Listrik, Uji Coba Mulai 1 Agustus 2022

Transjakarta Bersama MAB Luncurkan Bus Listrik, Uji Coba Mulai 1 Agustus 2022

Bus listrik yang diluncurkan Transjakarta bersama PT MAB.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID-- Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang merupakan pameran kendaraan listrik sudah resmi diselenggarakan pada Jumat, 22 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada pameran tersebut, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) turut hadir untuk melakukan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan penyedia merek bus listrik dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB). 

Usai melakukan penandatangan MoU, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan uji coba pada 1 Agustus 2022 nanti. 

BACA JUGA:Ini Petunjuk Jelas Kompolnas Uji Lokasi dan Kapan Irjen Pol Ferdy Sambo Tes PCR

"Selanjutkan kita akan melakukan uji coba satu unit MAB di jalur yang belum dilintasi bus listrik yakni di Dukuh Atas 2 - Ragunan yang berada di koridor 6, mulai Senin, 1 Agustus besok," ujar Anang Rizkani Noor, Jumat, 22 Julu 2022.

Uji coba bus listrik yang dilakukan selama tiga bulan itu akan menjadi armada bus listrik pertama yang akan melayani pelanggan di dalam koridor maupun BRT. 

Lebih lanjut, Anang mengatakan bahwa bus listrik tersebut akan beroperasi dengan tarif yang terjangkau, yaitu Rp 3.500 sekali jalan. 

"Ini menarik, sebab akan melayani pelanggan di koridor mulai pukul 05.00 sampai 22.00 WIB dengan tarif reguler Rp 3.500," jelasnya. 

BACA JUGA:Ditangkap Saat Ngemall, Ini Awal Mula Kasus Nikita Mirzani vs Dito Mahendra

Sebagai informasi, bus listrik yang akan dilakukan uji coba yaitu bus listrik tipe MD12E NF dengan spesifikasi panjang 12 meter dan memiliki komponen lokal sebesar 35 persen dengan jarak tempuh 250 kilometer. 

Adapun kapasitas baterainya yaitu sebesar 315,85 kWh dengan waktu pengisian selama 1,5 sampai 2 jam. 

Pada masa uji coba tersebut, pihak Transjakarta akan memperhatikan pengembangan spesifikasi teknis bus listrik agar memenuhi standar pengoperasian Transjakarta. 

Kemudian, pihaknya juga akan memperhatikan alih teknologi dalam hal desain teknis, performance test dan homologasi teknis dalam operasional uji coba bus listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: