Baim Wong Tiba-tiba Daftar 'Citayam Fashion Week' ke PDKI, Ridwan Kamil 'Tampar' Begini

Baim Wong Tiba-tiba Daftar 'Citayam Fashion Week' ke PDKI, Ridwan Kamil 'Tampar' Begini

Ridwan Kamil di sela-sela menghadiri rapat di Jakarta, turut serta dalam ajang Citayam Fashion Week beberapa waktu lalu. -Tangkapan layar-Instagram/@ridwankamil

JAKARTA, DISWAY.ID- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengomentari aksi Baim Wong

Artis Baim Wong mendaftarkan 'Citayam Fashion Week' ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham pada Rabu 20 Juli 2022 lalu.

Baim Wong melalui perusahaanya PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) karena sang istri Paula Verhoeven yang juga bergerak di dunia modeling.

Langkah Baim Wong ini pun menuai cibiran karena dianggap mengambil keuntungan dari viralnya  nama Citayam Fashion Week (CFW). Salah satunya datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil 'menampar' langkah Baim Wong ini dengan menyarankan untuk mencabut pendaftaran PDKI tersebut. 

BACA JUGA:Komentar Baim Wong Setelah Dihujat Daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI, ‘Menjadikan Indonesia Lebih Maju’

"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," tulis Ridwan Kamil dalam akun instagram resminya, Senin 25 Juli 2022. 

Menurut Ridwan Kamil, jika dimewahkan atau diformalkan maka tujuan sesungguhnya akan hilang. 

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda".

Dia pun beranggapan bahwa sebaiknya Citayam Fashion Week dibiarkan menjadi fashion jalanan.


Momen Ridwan Kamil saat turut serta dalam #citayamfashionweek di sela-sela acara meetingnya di Jakarta beberapa waktu lalu. -Tangkapan layar-Instagram/Ridwan Kamil

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture".

Menurut Ridwan Kamil, sekalipun hendak dimasukkan dalam organisasi yang terikat maka baiknya dikomunikasikan dengan komunitas mereka secara internal. Tidak melalui Baim Wong. 

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: