Waspada! Air Minum Kemasan Banyak yang Dioplos, Kenali Perbedaannya

Waspada! Air Minum Kemasan Banyak yang Dioplos, Kenali Perbedaannya

Maraknya pemalsuan atau pengoplosan air minum dalam kemasan (AMDK) dilatarbelakangi dengan adanya praktek jual beli label kemasan-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melihat, maraknya pemalsuan atau pengoplosan air minum dalam kemasan (AMDK) dilatarbelakangi dengan adanya praktek jual beli label kemasan air minum.

Untuk itu, YLKI meminta perusahaan atau produsen air minum dalam kemasan agar tidak memperjual-belikan label produknya ke pihak lain. Hal ini untuk menghindari pemalsuan atau pengoplosan produk tersebut.

"Perusahaan ketika memesan atau membeli suatu kemasan atau tutup dari pihak ketiga harus dipastikan semua pesanannya atau lebelnya tidak diperjualbelikan ke pihak lain," kata Kepala Bidang Pengaduan YLKI Sularsi seperti dikutip dari Antara, Selasa, 26 Juli 2022.

BACA JUGA:Komnas HAM Periksa Bharada E Hampir 5 Jam, Apa Hasilnya?

Pernyataan itu untu menanggapi terkuaknya kasus pemalsuan air mineral merek ternama. 

Perkara tersebut terbongkar seusai polisi melakukan penggerebekan dan penangkapan para pengoplos di Cilegon, Banten, pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Menurut Sularsi, bila perusahaan tidak melakukan pengawasan dan produk yang dipesan dijual ke pihak lain, hal itu termasuk sebuah pelanggaran. 

YLKI juga mengingatkan kepada warung-warung kecil penjual AMDK agar tetap waspada agar tak sampai ada produk yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga normal.

BACA JUGA:Terbongkar! Kedekatan Brigadir J dan Istri Ferdy Sambo Selama 3 Tahun Ternyata...

Sementara itu, Pengurus Harian YLKI, Eliyani menyebutkan, penelitian yayasan menunjukkan banyak beredar air minum kemasan yang tidak memenuhi standar air minum. 

YLKI pun memberikan panduan kepada konsumen yang ingin memastikan keamanan air mineral yang dibeli.

Pertama, secara fisik air mineral palsu berwarna agak keruh. Konsumen sebaiknya mengocok air terlebih dulu. 

"Jika warna berubah setelah dikocok, misalnya terlihat lebih keruh, sebaiknya tidak perlu diminum," terangnya.

BACA JUGA:Pelaku yang Melucuti CCTV di Rumah Irjen Ferdy Sambo Akhirnya Terungkap, Ternyata...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: